ADVERTISEMENT

Pilwalkot Bogor Memanas, Sendi Fardiansyah Kejar Elektabilitas Syahrul Gunawan dan Dedie Rachim

Jumat, 8 Desember 2023 14:03 WIB

Share
Pilwalkot Bogor Memanas, Sendi Fardiansyah Kejar Elektabilitas Syahrul Gunawan dan Dedie Rachim (ist)
Pilwalkot Bogor Memanas, Sendi Fardiansyah Kejar Elektabilitas Syahrul Gunawan dan Dedie Rachim (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR,  POSKOTA.CO.ID –  Jelang berakhirnya masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, bursa Calon Walikota Bogor semakin menghangat. Sejumlah nama bacalon Walikota Bogor pun mulai bermunculan. Dari 22 nama, ada tiga kandidat yang elektabilitasnya semakin moncer. 

Executive Director Lembaga Grup Riset Potensial, Linggar Kharisma mengatakan, pihaknya merilis telah menggelar survei publik, bertajuk Survei Kriteria Pemimpin Ideal Kota Bogor 2024 pada 20-26 November 2023 lalu. 

Dalam riset itu, Linggar merangkum 22 nama tokoh yang digadang-gadang akan maju dalam gelaran Pilkada Walikota Bogor 2024 mendatang. 

Hasilnya, nama Dedie Rachim, sang petahana, menduduki peringkat pertama (19%) sebagai tokoh yang dianggap ideal memimpin kota Bogor ke depan. 

Selain nama Dedie Rachim, muncul juga 2 nama lain yang dianggap ideal untuk menjadi pemimpin kota Bogor yakni, Syahrul Gunawan (15%) dan Sendi Fardiansyah (11%).

"Bagian akhir dari survei ini ditutup dengan sedikit mengupas angka popularitas dan keterpilihan (elektabilitas) 22 nama tokoh yang kami sajikan kepada para responden," ujar Linggar dalam rilis resminya, Jumat, (8/12/2023). 

Linggar juga mengungkapkan, nama Syahrul Gunawan (38,2%), Dedie Rachim (36,2%), Rieke Diah Pitaloka (19,3%), Achmad Ru’yat (16,9%), serta Sendi Fardiansyah (15,6℅) berturut-turut menduduki top-5 ranking teratas tokoh dengan tingkat popularitas tertinggi.

"Daftar nama tokoh dengan angka popularitas tertinggi tersebut, ternyata tidak berbanding linier dengan angka keterpilihannya," ungkapnya. 

Untuk indikator elektabilitas, nama Dedie Rachim (14%), Syahrul Gunawan (11%), dan Sendi Fardiansyah (10%), menduduki 3 nama tokoh dengan angka keterpilihan tertinggi. 

"Tiga nama tadi, disusul oleh beberapa nama tokoh lain seperti Habib Hasan Alatas (4%), Jenal Mutaqin (3%), Yane Ardian Rachman (2%), Denny Mulyadi (2%), Raendi Rayendra (1%), Rieke Dyah Pitaloka (1%), serta Achmad Ru’yat (1%)," paparnya. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT