Rektor Unsika Kunjungi Portugal dan Spanyol, Buka Kerjasama Internasional Lintas Kampus

Kamis, 7 Desember 2023 12:57 WIB

Share
Rektor Unsika, Prof. Dr. Ade Maman Suherman saat berkunjung Spanyol.(Ist)
Rektor Unsika, Prof. Dr. Ade Maman Suherman saat berkunjung Spanyol.(Ist)

 

KARAWANG, POSKOTA.CO.ID –    Di penghujung tahun 2023 ini, Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Prof. Dr. Ade Maman Suherman membuka jaringan kerjasama dengan kampus-kampus terkemuka di Portugal dan Spanyol bersama dengan pimpinan beberapa kampus yang tergabung dalam Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi (APPTHI).

Kampus-kampus yang tergabung dalam APPTHI yaitu Unsika, Universitas Borobodur, Universitas Warmadewa dan Universitas Esa Unggul.

Para pimpinan kampus APPTHI melaksanakan kunjungan kerja ke negara Portugal dan Spanyol pada tanggal 30 Novemeber hingga tanggal 4 Desember dengan mengunjungi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Portugal serta Universitas di Spanyol yaitu Universitat Autonoma de Barcelona (UAB).

Dengan diorganisasikan oleh PASQAPRO, peserta kali ini berjumlah 19 delegasi yang seluruhnya terdiri dari rektor, wakil rektor, serta kepala program studi.

Adapun tujuan utama ke KBRI merupakan rangkaian pengembangan kerjasama strategis perguruan tinggi untuk menjadikan KBRI sebagai partner strategis dalam rangka memberikan informasi kepada perguruan-perguruan tinggi di Indonesia untuk bekerjasama dengan universitas-universitas di Portugal dalam rangka kerjasama riset, pertukaran pelajar, Summer camp, visiting professor, publikasi, maupun join conference.

KBRI dapat juga berperan sebagai mitra yang akan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) bagi dosen-dosen yang ingin bertemu dengan masyarakat Indonesia diaspora. 

Dalam pertemuan di KBRI, Rektor Unsika, Prof. Dr. Ade Maman Suherman menjelaskan kepada pihak KBRI, dalam hal ini Plt Dubes RI untuk Portugal, Ajeng Widianty, SH, Phd bahwa saat ini Unsika memiliki keinginan untuk memperkuat basis kerjasama internasional dalam rangka meningkatkan baik kualitas maupun status akreditasi kampus yang baru 9 tahun belakangan berubah menjadi perguruan tinggi negeri di wilayah Kerawang.

"Kunjungan ini ke Portugal dan Spanyol untuk menjalin kerjasama dengan universitas -univeritas yang memiliki reputasi kampus rangking dunia di wilayah Portugal maupun Spanyol sebagai benchmarking, terutama dalam tata kelola pembelajaran dan Riset," kata Prof. Ade Maman, Kamis (7/12/2023).

Selanjutnya dalam kunjungan ke kampus Universitas Autonoma de Barcelona (UAB) pada tanggal 4 Desember 2023 lalu, dilakukan penandatanganan kerjasama kampus Unsika, Universiatas Borobudur dan Universiatas Warmadewa dengan fakultas hukum (fakultat de dret) UAB yang dalam hal ini diwakili oleh dekan fakultas hukum UAB, Susana Navas Navarro.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar