ADVERTISEMENT

Kopi Pagi Harmoko: Debat Bermartabat

Kamis, 7 Desember 2023 07:00 WIB

Share

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

".. Makna debat yang sesungguhnya adalah mencari sahabat, dengan mengedepankan perilaku bermartabat. Bukan mencari menang dengan cara saling menghujat.”
-Harmoko-
 

Debat Capres-Cawapres merupakan tahapan dalam kampanye yang digelar setiap penyelenggaraan pesta demokrasi, lima tahun sekali.

Debat Capres-Cawapres, bukan kali pertama akan digelar untuk pilpres 2024.

Sejak era reformasi, sejak presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung tahun 2004, debat capres-cawapres mulai diagendakan sebagai bagian dari kampanye pilpres. 

Debat disiarkan secara langsung melalui sejumlah stasiun televisi sehingga rakyat dapat menyaksikan bagaimana para capres-cawapres menyampaikan visi dan misinya.

Bagaimana gestur tubuh ketika mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, menerima kritikan serta menyanggah kritik dari lawan politiknya.

Masyarakat juga dapat menyaksikan langsung bagaimana reaksi spontan yang muncul ketika diserang, didebat, argumentasinya dipatahkan serta bagaimana ketika membalasnya.

Melalui debat capres-cawapres ini, publik tak hanya dapat mencerna pendalaman visi dan misi, tetapi penguasaan materi masing-masing paslon.

Di balik itu, sejatinya publik dapat menengarai karakter masing-masing calon pemimpin bangsa. 

Ini terkait dengan bagaimana pengendalian diri ketika berdebat, beradu argumentasi.

Sifat santun, bijak dan tidak emosional dalam menyikapi situasi akan terpancar dari reaksi spontan.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT