ADVERTISEMENT

Madrid Direncanakan Teken Kontrak F1 Musim 2026

Rabu, 6 Desember 2023 10:57 WIB

Share
Illustrasi balapan F1
Illustrasi balapan F1

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Ajang Formula 1, direncanakan akan dilaksanakan di kota Madrid. Proposal yang mengajukan mengenai balapan di ibu kota Spanyol pada 2026-2035 akan selesai dalam beberapa pekan kedepan.

Sirkuit tersebut terletak di sekitar pusat konvensi IFEMA di timur laut kota, sirkuit sepanjang lima kilometer ini direncanakan akan menggunakan kompleks paviliun IFEMA dan pasar malam sebagai lintasan lurus dan lokasi kompleks paddock.

Selain itu, balapan ini akanmenggunakan beberapa jalan yang sudah ada. Salah satunya adalah jalan tol M-11, untuk melewati kompleks latihan klub bola Real Madrid, Valdebebas, dan melewati bekas lokasi festival musik Mad Cool.

Rencana tersebut telah mendapat dukungan dari dewan kota dan komunitas Madrid, meskipun balapan ini telah mencari investor eksternal agar bisa didanai sepenuhnya dengan uang pribadi.

Grand Prix Spanyol saat ini di Barcelona masih mempunyai kontrak yang berlaku hingga 2026, apabila rencana Madrid berjalan mulus, F1 akan melaksanakan dua ajang balapan di negara tersebut pada musim selanjutnya. Balapan baru ini sementara diberi label Grand Prix Madrid.

Namun dengan terbatasnya slot Eropa dalam kalender F1, kedatangan Madrid yang terhambat tampaknya akan memberikan tekanan yang lebih besar pada masa depan jangka panjang Barcelona.

Spanyol terakhir kali mengadakan dua balapan di Spanyol antara 2008 dan 2012, dengan Grand Prix Eropa di Valencia yang melengkapi balapan di Barcelona.

Ketertarikan terhadap negara ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir berkat lonjakan popularitas F1 yang lebih luas, hasil yang kuat dari juara dunia dua kali Alonso sejak kembalinya dia di 2021 dan status terdepan Carlos Sainz di Ferrari.

Jumlah penonton yang hadir pada hari balapan tahun ini sebanyak 125.565 orang merupakan yang tertinggi di Circuit de Barcelona-Catalunya sejak 2008.

ADVERTISEMENT

Reporter: Herdyan Anugrah Triguna
Editor: Herdyan Anugrah Triguna
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT