ADVERTISEMENT

Kesuksesan Perhelatan Piala Dunia U-17

Rabu, 6 Desember 2023 05:30 WIB

Share
Jerman VS Matador U-17, Ahmad Tri Hawaari
Jerman VS Matador U-17, Ahmad Tri Hawaari

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

PESTA sepakbola terbesar dunia untuk usia 17 tahun baru saja usai digelar awal Desember kemarin dan memunculkan juara baru dari negara Jerman. Indonesia yang menjadi tuan rumah perhelatan kejuaraan, dianggap sukses menyuguhkan keramahtamahan sebagai adat dari budaya timur.

Federasi sepakbola dunia FIFA memuji Indonesia yang dinilai sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Meski baru kali pertama menyelenggarakan turnamen utama FIFA, Indonesia membuktikan mampu sukses sebagai peserta dan tuan rumah.

Ini terbukti dengan sepak terjang Indonesia yang mampu bersaing dengan negara papan atas sepakbola dunia macam Ekuador, Maroko, dan Panama. Dari sisi pelaksanaan, FIFA memuji kualitas Indonesia sebagai tuan rumah yang punya fasilitas serta pelayanan kelas dunia.

Hampir sebagian besar negara yang menjadi peserta piala dunia U-17 memuji pelaksanaan dari pertama datang hingga pulang. Mereka menilai sambutan masyarakat yang hangat selama negara-negara bertarung di Piala Dunia U-17, menjadikan mereka serasa di rumah sendiri.

Beberapa pelatih juga menyebut, masyarakat Indonesia sangat menerima mereka saat sebelum bertanding hingga berada di luar lapangan. Ini juga penting agar pemain lebih nyaman dan tenang, sehingga mendapat dukungan masyarakat Indonesia.

Ternyata, kesuksesan yang diraih itu juga perlu perjuangan yang sangat berat ketika Indonesia harus membenahi empat stadion yang ada di empat kota. Anggaran yang sangat besar pun digelontorkan untuk mengubah stadion yang ada agar sesuai dengan standar dari FIFA.

Meski Jakarta Internasional Stadium (JIS) sempat mendapat kritik, karena lapangan dan area parkir yang tergenang namun kejadian itu akhirnya bisa terlupakan. Pasalnya, komentar positif terus hadir dari para pemain dan official tim yang benar-benar menjajal stadion kebanggaan warga Jakarta.

JIS yang menjadi salah satu venue pertandingan Grup C dan Grup E Piala Dunia U-17 2023 banjir pujian. Timnas Inggris U-17 menyebut kondisi stadion yang megah dengan kapasitas besar dan lapangan yang bagus, membuat pemainnya sangat bersemangat saat bertanding di laga penyisihan Grup C.

Media asing pun ikut menyoroti turnamen yang baru saja digelar dan mereka menilai bahwa ini menandai langkah maju Indonesia setelah batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Selain itu, Piala Dunia U-17 tersebut menjadi kebangkitan setelah tragedi Kanjuruhan yang disebut sebagai bencana stadion terburuk di dunia. (*)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT