ADVERTISEMENT

Anak Gunung Krakatau Erupsi, Masyarakat Dihimbau Waspada Hingga Radius 5 KM

Rabu, 6 Desember 2023 14:05 WIB

Share
Kondisi Anak Gunung Krakatau yang terpantau PVMBG. (Ist)
Kondisi Anak Gunung Krakatau yang terpantau PVMBG. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Masyarakat nelayan maupun wisatawan di sepanjang Pantai Anyer Kabupaten Serang hingga Carita di Kabupaten Pandeglang diimbau untuk waspada.

Himbauan itu disampaikan Kabid Humas Polda Banten, Kombes Didik Heriyanto menyusul melutusnya Anak Gunung Krakatau yang berada di perairan Selat Sunda. 

"Saat ini Gunung Anak Krakatau yang berstatus level III siaga terjadi erupsi. Kami mengimbau kepada masyarakat nelayan dan wisatawan untuk tidak mendekati gunung dengan radius lima kilometer dari kawah aktif," kata Didik Heriyanto, Rabu (6/12/2023).

Kabidhumas mengatakan berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan website Magma Indonesia telah terjadi dua kali erupsi Gunung Anak Krakatau pada Rabu (06/12/2023).

 

"Erupsi pertama terjadi pukul 00.06 WIB dengan tinggi kolom abu teramati kurang lebih 1.157 M diatas permukaan laut. Dan erupsi kedua terjadi pada pukul 09.54 WIB dengan ketinggian kolam abu kurang lebih 657 M diatas permukaan laut," jelasnya.

Didik mengatakan hasil pengamatan visual dan instrumental teramati Gunung Anak Krakatau berada pada Level III (Siaga) mengalami peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi.

Sejak kelahiran Gunung Anak Krakatau pada Juni 1927 hingga saat ini, erupsi berulang kali terjadi, sehingga Gunung Anak Krakatau tumbuh semakin besar dan tinggi.

Karakter letusan Gunung Anak Krakatau berupa erupsi eksplosif dan erupsi efusif dengan waktu istirahat letusannya berkisar antara satu sampai enam tahun.

ADVERTISEMENT

Reporter: Rahmat Haryono
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT