3 Pj Kepala Daerah di Banten dari Kementerian, Pempus Dinilai Tak Percaya Kualitas Daerah

Rabu, 6 Desember 2023 13:47 WIB

Share
Pengamat Kebijakan Publik, Miftahul Adib. (Ist)
Pengamat Kebijakan Publik, Miftahul Adib. (Ist)

SERANG, POSKOTA.CO.ID - Pengisian Penjabat (Pj) Kepala Daerah di wilayah Banten dari pejabat kementerian, menjadi sorotan publik.

Hingga kini, ada tiga pejabat pusat yang dipercaya menduduki jabatan strategis di tiga wilayah Provinsi Banten.

Pengamat Kebijakan Publik, Miftahul Adib mengatakan, tidak terpilihnya pejabat daerah menandakan ketidakpercayaan pemerintah pusat.

"Secara tidak langsung memang betul pemerintah pusat seolah tidak percaya dengan kompotensi kualitas pejabat daerah," katanya, Rabu (6/12/2023).

Menurutnya, pengisian jabatan Pj Kepala Daerah dari kementerian dapat melemahkan pejabat daerah. Padahal ASN dari daerah yang paham tentang kebutuhan, program pembangunan.

 

"Justru dengan munculnya dari pemerintah pusat, ini dinilai melemahkan pejabat daerah karena pejabat daerah yang mengerti soal kekurangan, program pembangunan karena mereka yang membuat aturan, rancangan," ucapnya.

Dengan kondisi itu, kata Adib, saat ini muncul paradigma pemerintah pusat menggunakan Pj sebagai kepanjangan tangan demi kepentingan politik.

Sebab pusat dengan mudahnya bisa mengevaluasi Pj dalam kurun waktu tiga bulan sekali dan bisa diganti.

"Malah kebalikannya saya antitesa. Jangan-jangan pemerintah pusat itu menggunakan tangan Pj ini untuk kepentingan politik," ungkapnya.

Halaman
Reporter: Bilal Hardiansyah
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar