ADVERTISEMENT

Si Kecil Rentan Terkena Penyakit Saat Musim Hujan? Intip 5 Tips Pencegahannya

Selasa, 5 Desember 2023 13:49 WIB

Share
Tips Pencegahan agar si kecil tidak terkena penyakit di musim hujam. (Ist)
Tips Pencegahan agar si kecil tidak terkena penyakit di musim hujam. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Memasuki bulan Desember, sejumlah wilayah di Indonesia sudah mengalami curah hujan yang tinggi. Saat musim hujan tiba anak-anak terkadang lebih rentan terkena penyakit seperti flu, diare atau Dema Berdarah (DBD)

Berbagai ancaman penyakit tersebut harus diwaspadai terhadap si kecil. Pasalnya, kondisi daya tahan tubuh anak-anak terkadang belum terbiasa saat menghadapi perubahan cuaca dari kemarau ke musim hujan.

Ditambah kurangnya matahari saat musim hujan bisa menjadi faktor lain, karena suhu badan si kecil jadi kurang paparan sinar matahari. Akibatnya, cuaca yang dingin membuat tubuh anak lebih ektra untuk menstabilkan suhu tubuhnya.

Kendati demikian, para orang tua di rumah tidak perlu khawatir saat musim hujan datang. Dikutip oleh POSKOTA pada Selasa, (5/12/2023, beberapa pencegahan kali ini bisa diikuti supaya kondisi si kecil bisa terus terjaga.

Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan

1. Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan
Tips yang pertama bagi para orang tua di rumah adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Memperhatikan lingkungan bisa dimulai dari lingkup terkecil dulu yakni, rumah.

Selain anak terbebas dari penyakit, Anda juga merasakan lingkungan yang asri, bersih dan nyaman karena banyak sekali manfaat yang akan dirasakan saat menjaga lingkungan sekitar.

Disamping itu, cara membersihkan lingkungan paling sederhana adalah membuang sampah pada tempatnya. Disamping itu, Anda juga bisa memisahkan sampah-sampah tersebut agar bisa di daur ulang. Sehingga, si kecil sudah belajar merawat lingkungan sejak dini.

2. Pastikan Si Kecil Minum Air yang Bersih
Saat ini banyak sekali minuman kemasan yang diperjual belikan di pasar maupun supermarket. Daripada si kecil minum air yang belum terjamin kandungannya, pastikan Anda memberikan air minum yang berasal dari rumah.

Hal ini harus dilakukan sebab biasanya saat musim hujan tiba si kecil rentan terkena diare karena asupan air yang kurang bersih atau air dari kemasan yang tidak hijienis.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mutia Dheza Cantika
Editor: Mutia Dheza Cantika
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT