Gibran Sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil Geger, Anies: Asam Folat Itu Didapatnya dari Tanaman Bukan Bengkel

Selasa, 5 Desember 2023 23:34 WIB

Share
Foto: Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, salah sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil geger. (Ist.)
Foto: Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, salah sebut Asam Sulfat untuk Ibu Hamil geger. (Ist.)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Geger Ucapan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor Urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang menyebut asam folat menjadi asam sulfat untuk ibu hamil menjadi sorotan.

Ucapan Gibran yang membuat geger publik tersebut disindir Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan, Anies menyebut bahwa ibu hamil membutuhkan berbagai vitamin, salah satunya asam folat.  Namun, Anies mengatakan bahwa asam folat berasal dari tanaman, bukan di bengkel. 

"Jadi kesehatan calon ibu sudah harus dipikirkan, dan calon ibu itu membutuhkan satu adalah zat besi, zat besi dapatnya dari mana dari daging dari makanan kemudian yang kedua adalah yodium yang ketiga asam folat, asam folat itu didapatnya dari tanaman bukan di bengkel, enggak ada," kata Anies di Banjarmasin, Kalimantan Timur yang disiarkan secara daring, Selasa (5/12/2023).

"Jadi stunting itu tidak cukup hanya dengan gizi, berikan kebahagiaan berikan gizi berikan stimulasi dari situ baru anak itu akan tumbuh dengan baik. Nah itu yang kita ingin kerjakan," ujar Anies.

Sebelumnya, Gibran salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat. Hal itu dia sampaikan saat berbicara soal mewujudkan Indonesia Emas 2024. Caranya dengan dengan menghapuskan stunting. "Lalu ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi enggak, berat badannya tinggi badannya oke enggak," kata Gibran di acara Diskusi Ekonomi Kreatif, Jakarta, Minggu, (3/12/2023) kemarin.

Untuk diketahui, asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan perempuan. Bagi ibu hamil, asam folat termasuk asupan terpenting selain zat besi, kalsium, dan mineral. Sedangkan, asam sulfat merupakan cairan berbahaya. Zat ini yang sering dipakai dalam pembuatan aki, pupuk, pulp, dan kertas.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka meminta maaf karena salah menyebut asam sulfat dibutuhkan untuk ibu hamil mencegah stunting. Padahal, seharusnya yang dibutuhkan untuk ibu hamil adalah asam folat, bukan asam sulfat. Putra Presiden Jokowi itu pun mengoreksi pernyataannya dan meminta maaf.

"Apa sih kemarin saya nyebutnya? Oke oke, ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya," kata Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan di Gelora Bung Karno (GBK) Arena Jakarta, Senin (4/12/2023). "(Yang benar) asam folat. Sori, sori ya, maaf, mohon dikoreksi," sambung Gibran. (adji)
 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar