Jelang Libur Nataru, PT KAI Menambah 34 Kereta Api Jarak Jauh

Jumat, 1 Desember 2023 07:00 WIB

Share
Teks Foto: Menyambut libur Nataru, sudah terlihat peningkatan penumpang di Stasiun. (ist)
Teks Foto: Menyambut libur Nataru, sudah terlihat peningkatan penumpang di Stasiun. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Jelang libur Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah mengoperasikan 34 Kereta Api (KA).

Menurut VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan mulai Rabu, 29 November 2023 pukul 00.00 WIB melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya.

"Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket go show mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Jadi dengan ada tambahan KA ini total ada 311.856 tempat duduk KA Jarak Jauh untuk relasi perjalanan favorit Jakarta-Solo pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Malang pp, Bandung-Solo PP, dan lainnya," ujar Joni dalam keterangan tertulis yang didapatkan Poskota, Rabu (29/11/2023).

Joni menyebutkan beberapa perjalanan di berbagai rute dan kelas untuk mengakomodir tingginya minat masyarakat menggunakan kereta api pada momen Nataru.

"Hadirnya KA-KA Tambahan ini menunjukkan kesiapan KAI dalam menyediakan sarana transportasi bagi pelanggan yang ingin melakukan perjalanan di masa Nataru, serta wujud komitmen KAI untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," kata Joni.

Berikut Daftar KA-KA Tambahan untuk Periode Natal dan Tahun Baru:

- KA keberangkatan tanggal 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024: Manahan (Gambir-Solo Balapan pp), Malioboro Ekspres (Purwokerto-Malang PP), Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng PP), Kaligung (Tegal-Semarang Poncol PP), Taksaka Tambahan (Gambir-Yogyakarta PP), Gajayana Tambahan (Gambir-Malang PP), Sembrani Tambahan (Gambir-Surabaya Pasarturi PP), Lodaya Tambahan (Bandung-Solo Balapan PP), Brantas Tambahan (Pasar Senen-Blitar PP), Kertajaya Tambahan (Pasarsenen-Surabaya Pasarturi PP), Tambahan Kiaracondong-Surabaya Gubeng, Tambahan Surabaya Gubeng-Kiaracondong, dan Kutojaya Utara Tambahan (Pasarsenen-Kutoarjo PP).

- KA keberangkatan tanggal 24 s.d 26, dan 31 Desember 2023, serta 1 dan 7 Januari 2024: Argo Cheribon (Gambir-Cirebon PP) dan Argo Parahyangan Tambahan (Gambir-Bandung PP).

Peningkatan Jumlah Penumpang

Dari data yang ada menurut Joni, per Rabu (29/11/2023l, mencatat sebanyak 549.612 tiket kereta api jarak jauh sudah terjual atau 24% dari tiket yang disediakan yakni 2.334.340 tiket, untuk periode Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) yakni tanggal 21 Desember 2023 s.d 7 Januari 2024.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar