ADVERTISEMENT

Artis Kiki Fatmala Meninggal Dunia Karena Kanker Paru-Paru, Berikut Cara Mencegahnya Kanker Tersebut

Jumat, 1 Desember 2023 19:21 WIB

Share
Artis Kiki Fatmala Meninggal Dunia Karena Kanker Paru-Paru, Berikut Cara Mencegahnya Kanker Tersebut (Foto: Instagram/Kiki fatmala)
Artis Kiki Fatmala Meninggal Dunia Karena Kanker Paru-Paru, Berikut Cara Mencegahnya Kanker Tersebut (Foto: Instagram/Kiki fatmala)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Artis senior Kiki Fatmala dikabarkan meninggal dunia hari ini. Kabar duka ini diumumkan melalui akun Instagram keluarga, yang menyatakan bahwa Kiki Fatmala tutup usia akibat kanker paru-paru yang berujung pada komplikasi.

Apa yang dimaksud dengan Kanker Paru-paru?

Meskipun upaya pencegahan dan penanganan kanker terus berkembang, angka kematian akibat kanker mengalami peningkatan signifikan di seluruh dunia. Menurut informasi yang terdapat dalam buku Pedoman Pengendalian Faktor Risiko Kanker Paru dari Kementerian Kesehatan RI, kanker paru-paru merujuk pada pertumbuhan ganas pada paru-paru yang berasal dari epitel saluran napas.

Berdasarkan data Global Burden of Cancer tahun 2020, kanker paru-paru menjadi penyebab utama kematian di antara seluruh jenis kanker. National Cancer Institute melaporkan bahwa tingkat insiden kanker paru-paru dan bronkus adalah sebesar 50,0 kasus per 100 ribu pria dan wanita setiap tahun. Sementara angka kematian mencapai 35,0 kasus per 100 ribu pria dan wanita setiap tahunnya, berdasarkan statistik kasus pada periode 2016-2020. 


Berikut Penyebab Kanker Paru-Paru 

Kanker paru-paru terjadi karena terjadi mutasi atau perubahan pada sel-sel paru-paru. Beberapa faktor dapat memicu mutasi ini, yang mengakibatkan perubahan permanen dalam urutan DNA suatu gen.

Menurut informasi dari American Lung Association, perubahan pada sel paru-paru ini terjadi saat seseorang terpapar dengan zat-zat berbahaya dan beracun. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kanker paru-paru.

Cara Mencegah Kanker Paru-Paru 

1. Berhenti Merokok 

berhenti merokok tetap merupakan langkah terbaik untuk mencegah kanker paru-paru, baik Anda telah merokok selama satu tahun atau beberapa dekade. Menurut laporan dari Very Well Health, penelitian menunjukkan bahwa sekitar 90 persen dari semua kasus kanker paru-paru dapat langsung dihubungkan dengan kebiasaan merokok. Asap rokok mengandung banyak zat beracun, termasuk formaldehida, benzena, dan arsenik. Bahan kimia ini dapat menjadi pemicu kanker dan juga meningkatkan risiko terkena penyakit pernapasan lainnya, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Selain itu, merokok dianggap sebagai faktor risiko independen untuk pengembangan kanker paru-paru.

2. Lakukan pengecekan keberadaan radon di rumah

Radon merupakan gas tak berwarna yang berasal dari peluruhan uranium alam di dalam tanah. Gas ini menjadi penyebab utama kanker paru-paru pada mereka yang bukan perokok, dan menjadi penyebab kedua paling umum untuk kanker paru-paru secara keseluruhan. Anda dapat menggunakan alat uji radon untuk mengukur tingkat radon di dalam rumah Anda. Alat tersebut dapat diperoleh secara online atau di toko peralatan keras, dan memerlukan waktu sekitar dua hingga empat hari untuk memberikan hasil. 

3. Hindari asap rokok 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Insan Sujadi
Editor: Insan Sujadi
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT