ADVERTISEMENT

Kiki Fatmala Wafat Karena Kanker Paru-Paru, Inilah Makanan Pencegah Kanker Paru-Paru

Jumat, 1 Desember 2023 17:39 WIB

Share
Kiki Fatmala (Foto: Instagram)
Kiki Fatmala (Foto: Instagram)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Artis senior Kiki Fatmala hari ini dikabarkan meninggal dunia. Kabar duka tersebut disampaikan oleh keluarga Kiki Fatmala, melalui Instagram. 

Pihak keluarga menyebutkan, Kiki Fatmala meninggal karena mengidap kanker paru-paru, hingga mengalami komplikasi. 

Dikutip dari laman Halodoc.com, kanker paru terjadi ketika adanya pertumbuhan sel abnormal di paru-paru. Penyakit ini cenderung sulit diobati, apalagi jika tidak terdeteksi sejak dini. 

Oleh sebab itu, kanker paru-paru dapat dicegah dengan pola hidup sehat, menghindari asap rokok, serta mengkonsumsi makanan sehat. Apa saja makanan sehat pencegah kanker paru-paru?. Berikut adalah makanan yang dapat mencegah kanker paru-paru. 

1. Buah Pir

Buah ini mengandung senyawa phytochemical yang bernama phloretin. Phloretin memiliki sifat anti-tumor dan dapat menginduksi kematian sel terprogram (apoptosis) pada sel-sel kanker, sehingga bisa menurunkan risiko terserang kanker paru. Phloretin juga dapat membantu tingkatkan efek anti-kanker cisplatin, yaitu obat kemoterapi yang umum digunakan oleh pengidap kanker paru.

2. Buah Beri

Buah beri memiliki kandungan anthocyanin yang dikenal sebagai delphinidin. Kandungan tersebut dapat membantu menghambat pertumbuhan tumor, membatasi kemampuannya membuat pembuluh darah baru, dan dapat mematikan sel yang diinduksi di antara sel-sel kanker. 

Beberapa contoh buah beri yang umum dapat dikonsumsi, seperti blueberry, raspberry, blackberry, dan cranberry. 

3. Wortel

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Resi Siti Jubaedah
Editor: Resi Siti Jubaedah
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT