Diduga Ada Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Bakal Panggil Apdesi Besok

Minggu, 26 November 2023 20:27 WIB

Share
Ilustrasi Bawaslu. (ist)
Ilustrasi Bawaslu. (ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Bawaslu DKI Jakarta akan memanggil Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) untuk dimintai keterangan terkait laporan dugaan pelanggaran pemilu dalam acara Desa Bersatu. 

Rencananya Bawaslu akan meminta keterangan dari Apdesi pada Senin, (27/11/2023.

“Kemungkinan ada temuannya jelas, sehingga kemudian ini teman-teman Bawaslu DKI sedang bekerja memanggil Apdesi. Kalau nggak salah Senin ini untuk meminta keterangan dari Apdesi,” ujar Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja dalam keterangannya, Minggu, (26/11/2023).

Sebelumnya, sejumlah asosiasi perangkat desa dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam nama Desa Bersatu melakukan silaturahmi nasional di Indonesia Arena, GBK, Minggu, 19 November 2023.

Meski tidak terang-terangan, mereka dianggap memberikan sinyal dukungan kepada paslon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Umum Apdesi, Arifin Abdul Majid, memastikan pihaknya tidak ikut dalam bagian organisasi perangkat desa yang tergabung dalam acara Desa Bersatu.

Dia menegaskan, kumpulan orang yang mengatasnamakan kepala desa itu tidak terlepas dari kepentingan tertentu.

“Organisasi yang dimanfaatkan kelompok itu, satu untuk kepentingan tertentu, dua untuk mencari panggung, ketiga memanfaatkan peluang-peluang untuk menjadikan bagian dari pada kepentingan,” tuturnya.

Dia juga akan mempersoalkan pihak-pihak yang menggunakan atribut Apdesi tanpa izin, mengingat pihaknya telah mendaftarkan hak paten nama dan logo Apdesi ke Dirjen HAKI.

Selain itu, Arifin juga meminta Bawaslu mendalami dan mengusut dugaan pelanggaran dalam acara Desa Bersatu tersebut. (Wanto)

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar