Sorot: Mudik Gratis Libur Nataru

Kamis, 23 November 2023 05:00 WIB

Share
Ilustrasi mudik gratis dengan kapal laut,(Ist)
Ilustrasi mudik gratis dengan kapal laut,(Ist)

LIBUR telah tiba. Syair lagu yang dinyanyikan mantan penyanyi cilik Tasya ini sering terdengar saat masuk liburan tiba. Ya, kurang lebih sebulan lagi libur panjang Natal dan tahun baru (Nataru) 2023 – 2024 datang.

Banyak pegawai swasta, ASN, BUMN, BUMD dan lainnya sengaja mengambil cuti untuk mengunjungi kerabat di kampung halaman atau sekedar mengisi liburan akhir tahun.

Banyaknya masyarakat yang mudik tersebut diprediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) jumlahnya mencapai 107,63 juta jiwa.

Artinya, terjadi mobilisasi dengan sejumlah seratusan juta lebih yang berlalu lalang memakai kendaraan pribadi, bus, kereta, pesawat terbang dan kapal laut.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dibantu TNI/Polri, Satpol PP, Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemkab, Pemkot dan instansi terkait lainnya sudah mempersiapkan diri dalam menghadapi libur Nataru tersebut.

Moment libur Natal dan tahun baru ini juga menjadi krusial karena ada dua peristiwa besar yang berdekatan yakni pelaksaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Perayaan Natal sendiri bagi ummat Nasrani merupakan peristiwa yang sangat penting. Karena itu, pemerintah pun bertekad mengamankan pelaksanaan Natal tersebut agar berlangsung khidmat, aman dan tenteram.

Karena itu, diperlukan kerja keras bersama antar instansi yang disebutkan di atas. Apalagi, perayaan Natal merupakan acara sakral yang diikuti umat Kristen maupun Katholik.

Di sisi lain, bagi umat yang tidak merayakan libur Natal dimanfaatkan untuk mengunjungi kerabatnya di kampung halaman. Nah, salah satu upaya agar pelaksanaan libur Nataru ini berjalan dengan aman dan nyaman, Kemenhub berniat membuat mudik gratis.

Tentu saja, kegiatan ini patut diapresiasi. Apalagi, mudik gratis ini ditujukan bagi pengendara motor yang biasa pulang kampung naik kendaraan roda dua.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar