ADVERTISEMENT

Sah, KH Anwar Iskandar Pimpin MUI Sampai 2025

Jumat, 17 November 2023 17:47 WIB

Share
Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri Rapat Paripurna MUI. (Setwapres)
Wapres KH Ma'ruf Amin saat menghadiri Rapat Paripurna MUI. (Setwapres)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Rapat Paripurna Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia MUI  (MUI) mengesahkan  KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH. Miftachul Akhyar.

Rapat Paripurna dihadiri  Wakil Presiden dan  juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Ma'ruf Amin . Rapat tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat  (17/11/2023).

Sebelumnya, KH Anwar Iskandar terpilih pada Rapat Pleno MUI pada 15 Agustus 2023, menggantikan K.H. Miftachul Akhyar.  Kepemimpinan Anwar Iskandar sampai tahun 2025.

Dalam arahannya, Wapres mengingatkan jajaran MUI untuk selalu mengedepankan kepentingan umat dan meninggalkan pemikiran kepentingan kelompok.

" Saya ingin mengingatkan kita supaya cara kita berpikir keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan, ini saya kira yang penting karena ini kerangka berpikir kita sedikit bergeser. Jangan lagi berpikir personal," ujar Wapres mengingatkan.

Wapres menambahkan, MUI sebagai wadah yang menaungi para ulama, zuama (pemimpin) dan cendekiawan Islam, memiliki umat di seluruh lapisan masyarakat tidak terbatas organisasi atau golongan tertentu.

"Jadi berpikirnya [kepentingan] umat. Umat kita ada di organisasi mana pun, inilah yang menjadi tanggung jawab kita bagaimana membangun umat," imbaunya.

Mengenai masalah kebangsaan, Wapres menekankan bahwa MUI harus tetap memegang teguh netralitas politik, terutama jelang Pemilihan Umum 2024.

"Sekarang kita menghadapi Pemilu [2024]. Jaga netralitas MUI secara kelembagaan. MUI jangan ditarik-tarik. Kalau orangnya silahkan, kecenderungannya ke mana, tapi secara kelembagan MUI harus netral," tegasnya. 

Sejalan dengan arahan Wapres, sebelumnya Ketua Umum MUI K.H. Anwar Iskandar menyampaikan, di bawah kepemimpinannya, MUI akan tetap berfokus pada tanggung jawab membangun agama, negara, dan umat.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Agus Johara
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT