ADVERTISEMENT

Seniman Inthan Ningrum Gelar Pameran Foto Bertaraf Internasional Bertajuk 'Myth of The Mountains'

Senin, 13 November 2023 18:40 WIB

Share
Seniman Inthan Ningrum dan karya-karyanya. (ist)
Seniman Inthan Ningrum dan karya-karyanya. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Biennale JaTim bekerjasama dengan Franco Germany Cultural Funds (Wisma Jerman & IFI Surabaya) menggelar event pameran foto bertajuk 'We Come Seeking In The Burning Summer' yang berlangsung pada 11-21 November 2023 di Rumah Budaya Malik Ibrahim Sidoarjo, Jawa Timur. 

Pameran foto bertaraf internasional ini diikuti lebih dari sepuluh fotografer baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Salah satunya Inthan Ningrum yang telah menggeluti dunia fotografi sejak SMA.

Seniman alumni Universitas Diponegoro (UNDIP) Fakultas Psikologi ini menampilkan 6 karyanya bertema 'Myth of The Mountains'. 

Foto Karya Inthan menyoal tentang mitos-mitos pegunungan dimana menjelaskan tentang asal muasal Suku Tengger dari Roro Anteng dan Joko Seger.

Ia pun mempunyai alasan mengambil kenapa dirinya mengangkat tema Roro Anteng dan Joko Seger, karena menurutnya di setiap tempat ikonik di Indonesia ada cerita legenda di baliknya. 

"Aku lebih tertarik untuk foto-foto personal atau konsepsual jadinya aku mengangkat sedikit fantasi-fantasi. Kalau yang lain lebih ke foto documentary, warga lokal dan lainnya," tutur Inthan, Senin (13/11/2023). 

Inthan juga menjelaskan bahwa karya fotonya lebih ke Fine Art, dikarenakan dirinya menganggap fotografi sebuah jurnal atau sebuah diary untuk mengekspresikan kegundahan-kegundahannya. 

"Jadi fotonya itu lebih mengekspresikan tentang suatu perasaan atau emosi, dan women and power man gitu. Memang tabu juga buat orang Indonesia," ungkapnya.

Dari banyaknya pengunjung di pameran foto tersebut karya Inthan menjadi pusat perhatian para penyuka seni fotografi baik dari dalam negeri maupun luar negeri seperti Jerman, Prancis dan Australia. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT