ADVERTISEMENT

Kolaborasi Perguruan Tinggi Seni Indonesia, Gedung Ditjen Diktiristek Berubah Menjadi Galeri Seni

Minggu, 12 November 2023 11:37 WIB

Share
Suasana pameran seni visual dengan tema “Rakta Mahardika Rupa - Merdeka Cipta Daulat Bangsa”. (rizal)
Suasana pameran seni visual dengan tema “Rakta Mahardika Rupa - Merdeka Cipta Daulat Bangsa”. (rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,  POSKOTA.CO.ID –  Sebuah pameran seni visual dengan tema “Rakta Mahardika Rupa - Merdeka Cipta Daulat Bangsa” telah diselenggarakan di Gedung D Kemendikbudristek mulai tanggal 10 November 2023 hingga 10 Januari 2024, memberikan dukungan positif bagi para seniman di Indonesia.

Sebanyak 290 karya seni visual yang meliputi seni lukis, seni patung, desain fashion, instalasi, serta karya seni multimedia telah dipamerkan dalam acara ini, yang diinisiasi oleh Ditjen Diktiristek bersama BKS-PTSI.

Pameran ini mengusung tema kepahlawanan, bertepatan dengan Hari Pahlawan, untuk menginterpretasikan semangat kepahlawanan melalui seni visual.

Sembilan perguruan tinggi seni yang terlibat dalam pameran ini meliputi ISBI Aceh, ISI Padang Panjang, ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Denpasar, ISI Tanah Papua, ISBI Bandung, Institut Kesenian Jakarta, dan STKW Surabaya.

Tjitjik Srie Tjahjandarie, Sekretaris Ditjen Diktiristek, mengapresiasi upaya BKS-PTSI dalam menghadirkan karya istimewa dari dosen dan mahasiswa perguruan tinggi seni Indonesia.

"Pameran ini menjadi ajang promosi perguruan tinggi seni, menunjukkan bahwa mereka bukan sekadar institusi kecil karena memiliki karya yang sangat berharga," kata Tjitjik pada hari Minggu (12/11/2023).

Tjitjik berharap bahwa melalui Rakta Mahardika Rupa, kolaborasi antara Ditjen Diktiristek dan perguruan tinggi seni di Indonesia akan semakin erat guna mengembangkan seni budaya di negara ini. "Semoga pameran ini bisa menginspirasi, merangsang pemikiran, dan mengingatkan kita tentang pentingnya merdeka, cipta, dan daulat bangsa," tuturnya.

Karya-karya dalam pameran ini menampilkan kekuatan artistik, kreativitas, dan kedalaman estetis para dosen dan mahasiswa yang berpartisipasi.

Pameran ini adalah salah satu bentuk pencapaian dalam proses pembelajaran seni di perguruan tinggi seni di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan seni budaya bangsa dan melestarikan tradisi seni yang beragam dan dinamis.

Rektor ISI Denpasar I Wayan Adnyana menganggap pameran Rakta Mahardika Rupa sebagai ide brilian karena perguruan tinggi seni diberi kesempatan untuk menunjukkan prestasi dan memperlihatkan hasil pembelajaran mereka.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT