ADVERTISEMENT

Arti Istilah Kata 'ACAB' yang Viral di TikTok, Merunjuk Pada Aksi Protes

Kamis, 9 November 2023 18:03 WIB

Share
Arti Istilah kata ACAB yang Viral di TikTok. (Foto: Tangkapan Layar)
Arti Istilah kata ACAB yang Viral di TikTok. (Foto: Tangkapan Layar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Istilah kata 'ACAB' dalam bahasa gaul saat ini sedang viral di media sosial TikTok. Namun tak sedikit pengguna yang belum mengetahui arti kata 'ACAB' yang sesungguhnya.

Dari informasi yang di dapat, istilah kata ACAB merunjuk pada sebuah aksi protes. ACAB yang sedang tren di masyarakat merupakan sebuah akronim dari all cops are bastars yang artinya semua polisi adalah bajingan.

Oleh karena itu, kode ACAB sering dipakai untuk mengekspesikan kekecewaan terhadap perilaku tidak etis penegak hukum terutama polisi. Akronim ACAB tersebut sering ditemui dalam bentuk tato di tubuh narapidana Inggris Raya.

Sebelum istilah ACAB terkenal di seluruh dunia, kata ini populer di penggemar olahraga terutama sepak bola di Inggris. 

Sementara itu, kode 1312 yang juga viral merupakan kode ACAB dalam bentuk numerik yakni, 1=A, 3=C, 1=A, 2=B. Maka angka 1312 tersebut sama saja dengan istilah ACAB. Munculnya kode 1312 itu diketahui sebagai alternatif dari larangan penggunaan kata ACAB di beberapa negara.

Di Indonesia sendiri, istilah kata ACAB pertama kali muncul pada tragedi Kanjuruhan. Banyak masyarakat menggunakan kata tersebut sebagai bentuk protes dalam tragedi Kanjuruhan yang menewaskan hingga  ratusan orang.

Kendati demikian, awal sejarah kemunculan istilah ACAB tidak diketahui dengan pasti. Namun, ada kesepakatan bahwa ungkapan ini pertama kali muncul di Inggris pada paruh pertama abad ke-20.

Akronim ACAB itu muncul dari kalangan pekerja Inggris yang mogok kerja pada era 1940-an. Mereka menggunakan frasa ini sebagai simbol perlawanan terhadap kekuasaan dan otoritas yang diwakili oleh polisi.

ADVERTISEMENT

Reporter: Mutia Dheza Cantika
Editor: Mutia Dheza Cantika
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT