ADVERTISEMENT

Fakta Menarik Situs Gunung Padang di Cianjur, Bukti Sepenggal Sejarah Tanah Sunda

Senin, 6 November 2023 18:08 WIB

Share
Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Foto : Instagram)
Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Foto : Instagram)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Situs Gunung Padang yang berada di wilayah Kabupeten Cianjur, Jawa Barat menyimpan banyak fakta-fakta menarik untuk dikulik. Lokasi tepat Gunung Padang berada di Kampung Gunung Padang dan Kampung Cipanggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Letaknya yang berada di ketinggian, membuat suasana di situs Gunung Padang ini memberikan suasana sejuk. Ditambah angin sepoi-sepoi yang menhampiri, serta pemandangan yang indah dijamin akan membuat pengunjung semakin terpukau dengan objek wisata satu ini.

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, Gunung Padang yang berada di ketinggian 885 meter diatas permukaan laut (MDPL) ini diketahui sudah ada sejak 16.000 tahun lalu bahkan lebih tua dari Piramida Giza di Mesir.

Melansir dari salah satu Channel YouTube, Gunung Padang merupakan situs pemujaan atau kuil di zaman batu besar atau era megalitikum. Pada zaman tersebut, mulai muncul peradaban dimana kebanyakan manusia purba menggunak batu-batu besar sebagai bentuk pemujaan.

Arti penamaan situs Gunung Padang sendiri dalam bahasa Sunda berati "bercahaya".  Sehingga ada beberapa orang lokal disana menyebutnya sebagai Bukit Cahaya. Gunung Padang sudah mulai berkembang namanya sejak zaman kerajaan Sunda di bawah pemerintahan Raja Prabu Siliwangi yaitu sekitar tahun 1.482 sampai 1.521. Penelitian tersebut menjadi penelitian pertama terhadap situs Megalitikum.

Bentuk situs Gunung Padang yang berundak atau memiliki teras bertingkat menjadi ciri kebudayaan asli Indonesia. Situs Gunung Padang juga biasa difungsikan  sebagai tempat pemujaan leluhur karena memiliki bangunan teras bertingkat atau punden berundak.

Gunung Padang bukanlah gunung aktif tetapi dahulu adalah gunung api purba yang menghasilkan batu-batu di perut bukit sehingga membentuk tiang-tiang bebatuan dan digunakan atau disusun oleh orang dahulu kala untuk membuat struktur teras.

Bagi Anda yang ingin mengulik informasi lebih dalam lagi atau hanya sekedar berwisata, jam operasional Gunung Padang Cianjur ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, selama 24 jam. Untuk harga tiket wisata juga terbilang sangat murah yakni hanya sebesar Rp 10.000 tetapi apabila Anda ingin di dampingi oleh pemandu wisata akan ada tambahan biaya lagi sebesar Rp 100.000.


 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT