ADVERTISEMENT

Mantap! Angka Pengangguran di Kota Depok Turun, Perusahaan Utamakan Lowongan untuk Warga Lokal

Rabu, 1 November 2023 11:43 WIB

Share
Ilustrasi Lowongan Kerja . (ilustrasi.freepik)
Ilustrasi Lowongan Kerja . (ilustrasi.freepik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID – Dalam membuka usaha lapangan pekerjaan bagi warga Depok, Pemerintah Kota Depok menggelar Bursa Kerja 2023 di Pesona Square, Sukmajaya, Kota Depok, Selasa (31/10/2023).

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan tujuan dibuka bursa kerja bagi warga Depok adalah mempertemukan dunia industri dengan calon pekerja secara langsung.

"Sehinga dapat menekan angka pengangguran di Kota Depok. Dan bagi yang mujur jika ada kesempatan warga Depok dapat bekerja ke negara Jepang, bisa hubungi atau datangi langsung Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Depok," ujar Imam kepada wartawan, Rabu (1/11/2023).

Ketua DPC PKS Kota Depok ini mengungkapkan dalam bursa kerja ini ingin jumlah atau kuota warga Depok yang bekerja di Depok dapat dinaikan.

"Kalau bisa dinaikam jangan 10, dapat dinaikkan lagi," katanya.

Orang nomor dua di pemerintahan Kota Depok ini mengungkapkan meminta kepada pemilik perusahaan atau lembaga beroperasi di Depok utamaka tenaga kerja ber-KTP dan Kartu Keluarga (KK) Depok.

"Dari data kita saat ini angka pengangguran terbuka di Kota Depok menurun. Semula mencapai 9% dan sekarang menjadi  7%," tambahnya.

Imam berharap kepada pemilik usaha. untuk mencari tenaga kerja lokal diutamakan lebih dahulu hal ini untuk menurunkan angka pengangguran.

"Perusahaan-perusahaan di Kota Depok menjalin sinergi dengan Disnaker saat lakukan perekrutan. Nantinya disnaker dapat memberikan data sesuai kebutuhan,"tuturnya.

Terpisah Kadisnaker Kota Depok, Sidik Mulyono menambahkan sesuai data BPS 2022 untuk Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Koa Depok Tahun 2022 sebanyak 98.430 orang atau 7.82 %.

Pihaknya telah melakukan berbagai  upaya antara lain peningkatan kompetensi di bidang pelatihan, kegiatan padat karya berkelanjutan, Bursa Kerja Online (BKOL) Depok. Salah satu program unggulan Dinas Tenaga Kerja Kota Depok dalam menurunkan tingkat pengangguran adalah melalui kegiatan Bursa Kerja Mini (Job Fair) di wilayah Kota Depok.

“Jumlah perusahaan yang mengikuti kegiatan Bursa Kerja Mini (Job Fair) sebanyak 20 peserta perusahaan dengan jumlah kebutuhan lowongan kerja yang tersedia sebanyak 2.142 orang,” ungkapnya. (Angga)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT