ADVERTISEMENT

Dirut BULOG dan Badan Karantina Jamin 100% Semua Beras Impor Aman

Jumat, 13 Oktober 2023 07:00 WIB

Share
Buwas saat memaparkan soal beras sintetus. (rizal)
Buwas saat memaparkan soal beras sintetus. (rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –   Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso bersama Kepala Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Badan Karantina Indonesia M. Adnan melakukan pengecekan langsung proses pembongkaran kapal beras impor yang baru sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (12/10/2023).

Sekaligus  menjamin bahwa semua beras impor yang masuk ke Gudang BULOG dalam kondisi aman yang telah melalui beberapa tahapan pemeriksaan.

Hal ini disampaikan Budi Waseso (Buwas) untuk menyikapi maraknya hoax yang beredar terkait kondisi beras impor yang dilakukan oleh BULOG yang dikaitkan dengan beras sintetis belakangan ini.

“Beras impor dari negara asal yang masuk ke gudang BULOG itu sudah melalui beberapa kali proses pemeriksaan. Sebelum dimuat ke kapal di negara asal terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh Surveyor Independent kemudian setelah sampai di Indonesia dilakukan pemeriksaan lagi oleh Badan Karantina Indonesia. Jadi yang ada di gudang-gudang BULOG sudah sangat dipastikan aman semuanya”, kata Budi Waseso.

Senada dengan penjelasan yang disampaikan oleh Plt. Mentan baru-baru ini, Budi Waseso juga menjelaskan bahwa  isu beras sintetis ini dihembuskan oleh pihak-pihak yang tidak senang di tengah upaya serius pemerintah melakukan stabilisasi pasokan dan harga beras.

Mereka kata, Buwas, dengan menggencarkan program bantuan pangan beras dan operasi pasar yang dilakukan oleh BULOG. Untuk itu Budi Waseso meminta masyarakat lebih cermat dan jangan mudah terprovokasi dengan hoax ini.

“Kami juga bekerjasama dengan Satgas Pangan dari Kepolisian untuk meminta pengawasan dan penindakan terhadap pihak-pihak yang terbukti menyebarkan berita bohong (hoax) mengenai beras sintetis ini agar pelaku segera ditangkap sehingga tidak membuat gaduh di situasi saat ini”, tegas Budi Waseso.

Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Badan Karantina Indonesia M. Adnan juga menegaskan,  semua barang yang masuk ke Indonesia kami perlakukan sesuai prosedur yaitu pemeriksaan administrasi, kesehatan dan keamanan pangan termasuk impor beras yang dilaksanakan oleh BULOG.

“Semua kapal impor yang tiba termasuk impor beras ini harus diperiksa dulu oleh Badan Karantina Indonesia, setelah dinyatakan aman baru bisa dibongkar seperti kapal beras vietnam yang kita saksikan sekarang ini”, kata Adnan.

\Guna menstabilkan harga beras di pasaran ini, BULOG siap menerima tambahan kuota penugasan impor dari pemerintah untuk memperkuat stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) dan akan melaksanakan penugasan tersebut secara maksimal demi kepentingan rakyat banyak.(rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT