ADVERTISEMENT

2 Kurir Bawa Koper Berisi Benih Lobster Senilai Rp 11.4 miliar, Dijanjikan upah Rp10 juta

Senin, 9 Oktober 2023 16:29 WIB

Share
Caption foto: Press Release kasus benih lobster. (ist)
Caption foto: Press Release kasus benih lobster. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID – Dua kurir dengan inisial VGS dan MF diamankan Polres Bandara Soetta usai kedapatan membawa dua buat koper yang berisikan benih lobster.

Penangkapan keduanya dilakukan setelah petugas menerima informasi, bila terdapat dua buah koper berisikan 107.800 benih lobster dengan nilai Rp 11,4 miliar yang akan dibawa oleh penumpang dengan rute penerbangan Jakarta-Singapura.

"Dari sana kami berkoordinasi juga dengan petigas terkait dan berhasil menangkap keduanya di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, pada 8 Oktober 2023. Saat akan melakukan penyelundupan lobster," kata Wakapolres Bandara Soetta AKBP Raden Muhammad Jauhari, Senin, (9/10).

Dari hasil pemeriksaan, keduanya merupakan kurir yang dititipkan oleh pelaku untuk mengantar dua koper tersebut ke Singapura. Dimana, para kurir akan mendapatkan upah senilai Rp10 juta bila sampai ke tujuan.

"Mereka ini kurir yang diminta antarkan koper ke Singapura dengan upah Rp10 juta," ujarnya.

Kini, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 92 juncto Pasal 26 UU RI Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja dengan ancaman 8 Tahun penjara atau denda Rp1,5 miliar.

"Sekarang dua tersangka sudah kita proses penahanan dan penyidikan dan keduanya kita kenakan dengan Undang-Undang Karantina Perikanan, Hewan dan Tumbuhan dengan ancaman 8 tahun penjara," pungkasnya.

Nantinya, ratusan ribu benih bening lobster yang diamankan tersebut dilepasliarkan ke Loka PSPL Serang, Banten.(Veronica Prasetio)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT