ADVERTISEMENT

Belasan Aktifis Greenpeace diamankan Polres Metro Jakpus

Sabtu, 7 Oktober 2023 13:35 WIB

Share
Greenpeace saat menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia (foto/ist)
Greenpeace saat menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia (foto/ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin membenarkan pihaknya mengamankan sejumlah aktifis Greenpeace saat menggelar aksi unjuk rasa di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Jumat, (6 /10/2023).

Menurut Komarudin sejumlah aktifis tersebut diamankan saat menceburkan diri ke kolam bersama atribut berbentuk gurita berwarna merah.

“Jadi mereka masuk ke area kolam Bundaran HI. Sudah diberikan imbauan oleh petugas namun tidak diindahkan. Dan sekitar 10 sampai 12 orang menceburkan diri dengan memasukan barang barang tersebut dan langsung kita amankan,” kata Komarudin dalam keterangannya, Sabtu, (7/10/2023).

Komarudin mejelaskan, mereka diamankan lantaran  tidak mematuhi aturan. Sebab, untuk menyampaikan aspirasi, tetap harus ada peraturannya.

Terlebih saat menggelar aksi itu, mereka juga tidak memberikan informasi untuk mengadakan aksi damai di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

“Untuk unjuk rasa tidak memerlukan izin, tapi dalam UU diatur bahwa penyampaian pendapat dimuka umum ini wajib melakukan pemberitahuan kepada pihak kepolisian, itu yang pertama. Jadi mereka tanpa pemberitahuan,” katanya.

“Kemudian yang kedua ada tempat-tempat dalam pelaksanaan pendapat di muka umum jadi kebebasan berpendapat itu jangan diartikan sebebas-bebasnya ada aturan di dalamnya yang harus dipatuhi oleh setiap warga negara karena itu UU dibuat. Kalau misal tak diindahkan aturan, ya harus kami amankan,” sambungnya.

Oleh sebab itu, kata Komarudin mengimbau kepada masyarakat, apabila ingin menyampaikan aspirasi atau unjuk rasa, tetap mematuhi aturan yang berlaku.

“Ini jadi pembelajaran juga ya untuk yang lain, saya menegaskan, mengimbau kepada seluruh masyarakat kebebasan berpendapat jangan diartikan sebebas bebasnya, semau-maunya, semua itu ada aturannya,” tutupnya. (Wanto)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT