ADVERTISEMENT

Tindaklanjuti Dugaan Pelecehan Seksual di Kampus, UIKA Bogor : Yang Bersangkutan Telah Mengundurkan Diri

Selasa, 3 Oktober 2023 16:13 WIB

Share
Ilustrasi Pelecehan Seksual (Foto: ThinkStock/KatarzynaBialasiewicz)
Ilustrasi Pelecehan Seksual (Foto: ThinkStock/KatarzynaBialasiewicz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor gelar rapat internal. Hal ini merespon viralnya video yang bernarasi adanya dugaan tindak pelecehan seksual yang dilakukan oknum dosen kepada mahasiswi.

Oknum dosen berinisial MDR itu pun akhirnya mengundurkan diri, meski belum terungkap apakah dugaan pelecehan seksual itu benar terjadi atau tidak.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dedi Supriadi mengatakan, oknum dosen tersebut kini telah berbesar hati mengundurkan diri demi nama baik bersama. Di samping itu, memang ada kode etik dan norma kehidupan di kampus UIKA sendiri.

“Tadi pagi MDR sudah kami panggil untuk dimintai keterangan, yang bersangkutan bersumpah 'Demi Allah' tidak melakukan hal itu. Namun, proses penegakan norma hukum di dalam kampus tetap kami lakukan,” kata Dedi, Selasa (3/10/2023).

Dedi menjelaskan, dalam kode etik kampus, bila ada kejadian serupa entah benar atau tidak, maka langkah yang diambil antara mengundurkan diri atau diberhentikan secara tidak hormat.

Kendati demikian, Dedi menegaskan, apabila dalam kejadian ini oknum dosen tersebut terbukti tidak bersalah, maka kampus UIKA akan bertanggung jawab untuk memulihkan nama baiknya. Serta diizinkan untuk kembali mengajar sebagai Dosen Fakultas Ilmu Agama.

“Harus dipulihkan. Kita kan harus adil. Mau tidak mau harus dipulihkan, boleh ngajar lagi. Tapi kalau ada sedikit kesalahan apapun, harus keluar,” jelasnya.

Dalam pertemuan yang dilakukan bersama pihak rektorat ini, MDR telah membantah hal-hal yang dituduhkan oleh korban dugaan pelecehan itu. Dimana tuduhan-tuduhan ini dituangkan dalam akun TikTok @mahasiswiuika yang kini telah hilang.

“Iya dia (oknum dosen) beri bantahan. Dia bilang ‘saya tidak pernah melakukan itu. Wallahi (demi Allah). Kalau sudah bilang ‘Wallahi’ saya harus percaya, kalau tidak percaya sama saja saya tidak percaya Allah,” singkatnya.

Diberitakan sebelumnya, Viral, Mahasiswi Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor diduga jadi korban pelecehan oleh dosennya. Pihak kampus yang kini telah mengetahui hal tersebut pun menyebut akan segera memanggil dosen yang diduga melakukan pelecehan terhadap Mahasiswinya ini.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT