Syarat Baru Pinjaman KUR BRI 2023 yang Perlu Anda Ketahui, Makin Ketat?

Sabtu, 30 September 2023 08:02 WIB

Share
Pinjaman KUR BRI 2023 telah dibuka. Foto: Ist.
Pinjaman KUR BRI 2023 telah dibuka. Foto: Ist.

Mereka juga tidak boleh sedang mendapatkan kredit atau pembiayaan investasi atau modal kerja komersial baik di BRI atau bank lain.

Namun, pada tahun 2023, istilah "sedang menikmati" diganti dengan "belum pernah." Artinya, calon debitur super mikro harus belum pernah menerima kredit KUR atau kredit komersial di BRI atau bank lain. Hal yang sama berlaku untuk KUR Mikro dan Kecil.

Agunan Tambahan

Salah satu perubahan penting lainnya adalah terkait dengan agunan tambahan atau jaminan. Pada tahun 2023, jika bank meminta atau menerima agunan tambahan saat penyaluran KUR hingga Rp 100 juta, maka subsidi bunga atas agunan tersebut tidak akan dibayarkan kepada debitur. Ini berarti bank tidak diperbolehkan menerima atau meminta agunan tambahan dalam hal ini.

Plafon KUR

Aturan mengenai plafon KUR juga berubah. Pada tahun 2022, plafon KUR super mikro maksimal Rp 10 juta, sedangkan untuk KUR Mikro sektor produksi dan non-produksi, terdapat batasan tertentu untuk total akumulasi plafonnya.

Namun, pada tahun 2023, aturan tersebut mengalami perubahan. Plafon KUR Super Mikro tidak dibatasi, tetapi jumlah maksimalnya adalah Rp 10 juta. 

Untuk KUR Mikro sektor produksi, batasnya adalah 4 kali atau total akumulasi plafon hingga Rp 400 juta, sedangkan untuk KUR Mikro di luar sektor produksi, batasnya adalah 2 kali atau total akumulasi plafon hingga Rp 200 juta. Untuk KUR Kecil atau co retail, batasan akumulasi plafonnya adalah Rp 500 juta.

Aturan Gradasi KUR

Aturan gradasi KUR berarti bahwa meskipun debitur telah mengambil KUR dalam berbagai segmen, total akumulasi plafon KUR dan suku bunga tetap diperhitungkan dalam penentuan KUR selanjutnya. Ini berarti bahwa jika debitur pernah mengambil KUR sebelumnya, suku bunga yang diterapkan mungkin berbeda tergantung pada jumlah KUR yang telah diambil.

Halaman
Reporter: Rendra Saputra
Editor: Rendra Saputra
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar