ADVERTISEMENT

Pemerintah Bangun Puluhan Rumah untuk Warga Bogor yang Terdampak Longsor

Selasa, 19 September 2023 11:11 WIB

Share
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim (Panca Aji)
Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim (Panca Aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – 40 Kepala Keluarga (KK) korban longsor di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada pada awal tahun 2023 ini rencananya akan direlokasi ke hunian baru yang sedang dibangun Pemerintah. 

Selain karena rumahnya terdampak bencana, 40 KK korban longsor ini pun juga berada di zona hitam rawan bencana sehingga harus direlokasi.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, menyebut, 40 KK itu berasal dari 3 kelurahan yang ada di Kota Bogor, yaitu Kelurahan Empang, Lawanggintung, dan Kelurahan Batutulis. Di mana pada Maret lalu, puluhan KK itu terdampak bencana longsor dan banjir.

Menurut Dedie, nantinya akan ada 40 unit rumah yang akan dibangun di lahan seluas 7.000 meter persegi yang terletak di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor. 

“Adapun saat ini yang sudah akan kita bangun mulai pekan depan ada 40 rumah, yang bentuknya bangunan precast, siap jadi. Mudah-mudahan di akhir tahun ini bisa selesai dan bisa ditempati,” kata Dedie, Selasa (20/9/2023).

Pembangunan 40 unit rumah ini, kata Dedie, dibangun menggunakan anggaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

Yang mana pada Maret lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor telah mengusulkan dana sebesar Rp 6 miliar untuk relokasi korban bencana, namun belum diketahui berapa besar yang akan disetujui.

Selain puluhan unit rumah, rencananya di lahan seluas 7.000 meter ini juga akan dibangun fasilitas pendukung hingga sarana dan prasarana di titik relokasi ini. Mulai dari jalan masuk, sanitasi, septic tank komunal, drainase, listrik, hingga air PDAM.

“Sehingga masyarakat masuk kesana sudah bisa menikmati. Setelah ini akan coba kita koordinasikan dengan instansi terkait untuk bisa menyelesaikan secara tuntas lokasi yang akan menjadi tempat relokasi ini,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Jarwansyah menuturkan, pasca terjadinya banjir dan longsor di awal tahun lalu Pemkot Bogor memang telah mengusulkan dana sebesar Rp 6 miliar. Dana miliaran itu tidak hanya untuk membangun rumah, namun juga termasuk fasilitas pendukung.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT