ADVERTISEMENT

Kebanggaan Kereta Cepat Jakarta - Bandung

Selasa, 19 September 2023 08:31 WIB

Share
Kereta Cepat Jakarta Bandung. Ahmad Tri Hawaari
Kereta Cepat Jakarta Bandung. Ahmad Tri Hawaari

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DALAM seminggu terakhir ini, publik dihebohkan dengan antusiasnya masyarakat yang akan mengikuti uji coba kereta cepat Jakarta – Bandung pulang pergi yang diadakan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Mereka rela untuk memburu tiket yang disediakan PT KCIC tersebut yang dibuka sejak Minggu, 17 September 2023. Uji coba gratis untuk masyarakat ini akan berakhir hingga 30 September 2023.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga membawa rombongan wartawan Istana yang biasa meliput untuk menikmati kecanggihan kereta cepat yang memiliki kecepatan maksimal hingga 385 Km perjam tersebut.

Di dalam rombongan tersebut, Jokowi yang sudah beberapa kali naik kereta cepat Jakarta – Bandung ini juga mengajak sejumlah artis ternama tanah air. Para selebritis ternama ini terkagum dengan kereta cepat yang merupakan satu-satunya di Asia Tenggara saat ini.

Kita patut bangga dengan selesainya pembangunan kereta cepat Jakarta – Bandung, dilanjutkan dengan uji coba bagi masyarakat luas. Sebelumnya, PT KCIC juga menjadwalkan peserta uji coba untuk warga yang rumahnya terletak di sekitar jalur kereta cepat tersebut.

Dari serangkaian uji coba yang sudah beberapa hari ini berlangsung, semua dibuat kagum dan senang dengan keberadaan kereta cepat kebanggaan bangsa Indonesia ini.

Bangga, karena Indonesia sudah bisa bersaing dengan negara maju yang terlebih dahulu memiliki kereta cepat bertehnologi tinggi tersebut.

Melihat antusias masyarakat yang ingin naik kereta cepat dan kemanfaatan transportasi masa depan, pemerintah bahkan berencana melanjutkan pembangunan kereta cepat hingga ke Surabaya, Jawa Timur.

Namun, sebelum melanjutkan pembangunan kereta cepat hingga Surabaya patut dipikirkan dulu dampak sosial ekonominya. Perlu dilihat apakah nanti saat pengoperasian berbayar yang rencananya ditetapkan pada awal Oktober 2023 kereta cepat ini tetap ramai penumpang.

Apalagi, Presiden Jokowi sudah menyebut kalau kereta cepat Jakarta – Bandung tidak mendapat subsidi pemerintah. Artinya penumpang harus rela mengeluarkan kocek yang cukup besar untuk tujuan ke Bandung dan sebaliknya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT