ADVERTISEMENT

Pasca Kebakaran, TBLU MCB Bentuk Tim Khusus Amankan Benda-benda Sejarah di Museum Nasional

Senin, 18 September 2023 07:29 WIB

Share
Museum Nasional pasca kebakaran.(ahmad tri hawaari)
Museum Nasional pasca kebakaran.(ahmad tri hawaari)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID –  Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) membentuk tim khusus yang bertanggung jawab merawat dan mengamankan benda-benda sejarah dan budaya yang terdampak kebakaran di Museum Nasional pada Sabtu, (16/9/2023).

Pelaksana Tugas Kepala BLU MCB Ahmad Mahendra mengatakan, langkah ini diambil sebagai bentuk tindak lanjut instruksi dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim.

"Investigasi terus dilakukan untuk menentukan penyebab pasti kebakaran ini. Kami berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya," kata Mahendra melalui keterangan resmi, Minggu (17/9)

Ia mengaku, pihaknya pun kini tengah melakukan pengukuran dampak dan rencana tindak lanjut.

Mahendra menegaskan, area yang terdampak di bagian belakang Gedung A tidak menyebar luas, sehingga ruangan-ruangan lain di Gedung A, Gedung B, dan Gedung C beserta isinya dipastikan aman.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda juga dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari pusat kebakaran," ucapnya.

Sebelumnya, Nadiem telah memberikan pernyataan pers dari lokasi kebakaran bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini dan prioritas utama BLU MCB saat ini adalah untuk mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terdampak serta memastikan keamanan benda sejarah.

"Kami akan berupaya keras untuk memastikan bahwa museum kembali dalam kondisi terbaik secepat mungkin," jelas Mahendra.

Sebagai langkah pencegahan tambahan, Museum Nasional akan sementara ditutup sampai ada informasi resminya. (Aldi) 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT