ADVERTISEMENT

Museum Nasional Terbakar, Mendikbudristek: Utamakan Penyelamatan Benda-benda Bersejarah

Minggu, 17 September 2023 15:41 WIB

Share
Atap gedung Museum Nasional yang Ambruk Usai Terbakar.(ahmad tri hawaari)
Atap gedung Museum Nasional yang Ambruk Usai Terbakar.(ahmad tri hawaari)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Museum Nasional, Jakarta Pusat dilanda kebakaran. Si Jago Merah juga melahap Gedung A yang juga merupakan gedung penyimpanan koleksi barang-barang bersejarah.

Terlihat, atap Gedung A yang terletak di belakang gedung pun ambruk pasca kebakaran terjadi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim meminta aparat kepolisian untuk segera melakukan investigasi.

"Jadi ini merupakan hal yang sangat menyedihkan buat kami bahwa ini bisa terjadi. Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," ujar Nadiem di kawasan Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (17/9).

Untuk saat ini, dikatakan Nadiem, pihaknya lebih mengutamakan penyelamatan kepada benda-benda bersejarah yang ada di museum.

"Jadi mungkin pertama prioritas utama kita sekarang adalah sebenarnya menyelamatkan sebanyak mungkin artefak-artefak dan benda-benda bersejarah yang ada di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini. Itu adalah prioritas utama kami," jelasnya.

Nadiem menuturkan, saat ini pihaknya juga telah membentuk tim gabungan yang nantinya akan mencatat kerusakan di museum usai kebakaran.

Adapun tim gabungan tersebut juga akan diisi oleh para pakar-pakar museum yang akan bekerjasama dengan aparat kepolisian.

"Jadi kami membuat tim gabungan ya, antara tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian, dan juga aparat pemadam kebakaran untuk memastikan bahwa benda benda tersebut bisa kita catat apa kerusakannya dan juga bisa kita amankan bagi yg masih bisa diamankan," pungkasnya.

Kebakaran hebat melanda Maseum Nasional atau Museum Gajah, yang terletak di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, pada, Sabtu, 16 September 2023, pukul 20.40 WIB.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT