ADVERTISEMENT

Minimalisir Karhutla, TNI-POLRI Minta Masyarakat Tak Bakar Sampah di Musim Kemarau

Jumat, 15 September 2023 14:33 WIB

Share
Leknol Gan Gan Rusgandara (ist)
Leknol Gan Gan Rusgandara (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BOGOR, POSKOTA.CO.ID – Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutla) di Kabupaten Bogor, TNI-POLRI himbau masyarakat tak membakar sampah dan buang puntung rokok sembarangan. 

Komandan Kodim (Dandim) 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Gan Gan Rusgandara mengatakan, situasi yang paling menonjol di Kabupaten Bogor adalah kekeringan dan juga Karhutla di tengah musim kemarau ini.

Di musim kemarau tahun 2023, tercatat telah ada beberapa peristiwa Karhutla di Kabupaten Bogor.

TNI-POLRI, kata Gan Gan bekerjasama dengan Damkar, BPBD juga PDAM untuk menyebarkan air bersih ke beberapa titik yang telah terjadi kekeringan dan mengedukasi masyarakat tentang Karhutla.

"Kami juga menyebarluaskan dan memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat agar tidak terjadi kebakaran, seperti yang terjadi di Bandung Barat," kata Gan Gan dalam paparan kerjanya pada Pj Gubernur Jabar, Bay Machmudin, Jum'at (15/9/2023).

 Dalam mengedukasi masyarakat tentang Karhutla, kata Gan Gan, pihaknya memerintahkan seluruh aparatur Koramil dna Polsek untuk bersentuhan langsung dengan masyarakat dan mengedukasi agar tak membuang puntung rokok sembarangan.

"Karena posisi saat ini posisi kita sedang mengalami kekeringan lahan-lahan juga sedang dalam keadaan kering, jadi api sekecil apapun bisa menyebabkan (kebakaran) yang sangat besar, karena pada saat kekeringan angin juga bisa membuat api sangat cepat membesar," tambahnya.

Lebih lanjut, berkaca pada kebakaran TPA Sarimukti Bandung Barat, setiap hari TNI-POLRI terus melakukan peninjauan terhadap TPA Galuga agar tak terjadi kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) milik Kabupaten Bogor tersebut. 

"Kemudian, Tpa galuga alhamdulillah dalam keadaan aman, tidak ada pembakaran sampah disana, sudah kami tinjau setiap hari dengan polsek beserta koramil belerjasama meninjau TPA untuk memastikan tidak ada pembakaran sampah," pungkasnya. (Panca Aji)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT