ADVERTISEMENT

KTT ke-20 ASEAN-India, Mendag Zulkifli Hasan: Sepakat Jaga Stabilitas Ekonomi dan Keuangan

Jumat, 8 September 2023 14:19 WIB

Share
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada pertemuan ke-20 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-India. (ist)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada pertemuan ke-20 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-India. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada pertemuan ke-20 Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-India, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Kamis (7/9/2023). Pertemuan tersebut dipimpin Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri India Narendra Modi.

"Saya mendampingi Presiden RI pada Pertemuan KTT ASEAN dengan India. Terdapat empat fokus area kemitraan strategis yang disepakati yaitu ketahanan pangan, kerja sama maritim dukungan terhadap ASEAN-Indo Pacific Forum dan Implementasi ASEAN Outlook on Indo-Pacific, kestabilan ekonomi, serta keuangan global melalui Presidensi India pada G20," ujar Mendag Zulkifli Hasan, Jumat (8/9/2023).

Mendag Zulkifli Hasan menjelaskan, pertemuan juga membahas Perjanjian Perdagangan Barang ASEAN-India (ASEAN-India Trade in Goods (AITIGA). Saat ini perjanjian mengenai pembentukan kawasan perdagangan bebas untuk perdagangan barang antara negara anggota ASEAN tersebut tengah ditinjau.

"Diharapkan hasil tinjauan dapat mengurangi hambatan sekaligus memfasilitasi perdagangan kedua kawasan. Pada 2022, total nilai perdagangan ASEAN-India sebesar USD 113 miliar," ungkap Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan menambahkan, pada pertemuan juga disepakati peningkatan konektivitas ASEAN dan India. Selain itu, kedua pihak perlu mendorong kerja sama ekonomi dan keuangan digital untuk memfasilitasi dunia usaha, termasuk mendorong kerja sama di bidang keamanan siber dan pusat keunggulan (center of excellence).

“Nanti pabean dan lain-lain antara ASEAN dengan India dapat terkoneksi secara digital," imbuh Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag Zulkifli Hasan juga mengungkapkan, India merupakan mitra dagang utama Indonesia. Pada periode Januari—Juni 2023, total perdagangan Indonesia dan India tercatat sebesar USD 15,81 miliar. Pada periode ini, ekspor Indonesia ke India tercatat sebesar USD 11,23 dan impor Indonesia dari India tercatat sebesar USD 4,58 miliar.

Sementara, pada 2022 total perdagangan kedua negara tercatat sebesar USD 32,70 miliar dengan nilai ekspor Indonesia ke India tercatat sebesar USD 23,37 miliar dan impor Indonesia dari India tercatat sebesar USD 9,33 miliar. Dengan demikian, Indonesia menikmati surplus sebesar USD 14,04 miliar. Produk ekspor Indonesia ke India yaitu batu bara, minyak kelapa sawit, tembaga dan baja. Impor Indonesia dari India yaitu gula, kendaraan, biji-bijian.

"India merupakan mitra utama dalam perdagangan dan paling penting bagi kita. India adalah negara yang besar dengan jumlah penduduk sekarang nomor satu. Pertumbuhan ekonominya juga cepat sekali, mencapai 8 persen. Selain itu, perdagangan Indonesia surplus terhadap India. Jadi kita harus jaga dan perkuat hubungan dengan India," pungkas Mendag Zulkifli Hasan. (rizal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT