ADVERTISEMENT

768 Anak di Jakarta Alami Kekerasan, Disdik DKI Tekankan Peran PAUD dalam Pencegahan 

Jumat, 8 September 2023 09:29 WIB

Share
Ilustrasi Kekerasan Pada Anak Dibawah Umur (Foto: YouTube.Com)
Ilustrasi Kekerasan Pada Anak Dibawah Umur (Foto: YouTube.Com)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Berdasarkan data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, terdapat 768 anak di Jakarta mengalami kekerasan  sepanjang tahun 2022.

Menanggapi hak tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengimbau peran satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk menekan pencegahan dan penanganan kekerasan bagi anak.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo mengatakan, kekerasan terhadap anak menjadi persoalan yang kerap ditemukan dalam kehidupan baik itu di dalam lingkup keluarga, pendidikan, teman sebaya maupun lingkungan masyarakat.

“Masalah ini nyata keberadaannya, benar-benar terjadi berbagai macam kekerasan baik fisik, psikis, eksploitasi ekonomi, seksual dan lain-lain. Bahkan kekerasan terhadap anak akan melahirkan rantai kekerasan baru yang menjadi lingkaran negatif,” ujar Purwosusilo, Jumat (8/9/2023).

 

Dia menyampaikan, masyarakat harus tergugah dan sadar pentingnya pendidikan PAUD sebelum anak masuk SD. Dia meminta tenaga pengajar untuk tidak menuntut anak-anak bisa membaca dan menulis saat masih PAUD.

“Bahwa anak-anak kita di PAUD tidak dituntut untuk itu, tapi dituntut untuk belajar terkait hal-hal nyata yang sederhana yang dialami oleh anak-anak kita, belajar sambil bermain dalam suasana senang. Anak-anak kita belajar dari apa yang dilihat,” katanya.

Purwosusilo pun menjelaskan, tujuan pendidikan anak usia dini adalah membentuk anak Indonesia yang berkualitas, berkahlak mulia, anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa yang akan datang.

Menurutnya, PAUD penting karena menjadi titik sentral strategi pembangunan sumber daya manusia. Anak yang mendapatkan pendidikan sejak dini dapat meningkatkan kesehatan baik fisik maupun mental yang akan berdampak kepada prestasi perjalanan kelak yang akan datang.

“Di era Indonesia Emas, di bonus demografi nanti, anak-anak kita yang sekarang menjadi anak-anak yang produktif di masa akan datang. Jadi kalau bicara PAUD tidak bisa sekadar mengganggap itu sebagai anak-anak saja, tapi harus menganggap bahwa mereka yang saat ini usia dini adalah pemimpin kita di masa yang akan datang,” urainya.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Deny Zainuddin
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT