ADVERTISEMENT

3 Minuman yang Bantu Tingkatkan Kualitas Tidur, Tubuh Jadi Lebih Sehat!

Kamis, 7 September 2023 15:32 WIB

Share
Ilustrasi anak kecil minum susu sebelum tidur (Pexels)
Ilustrasi anak kecil minum susu sebelum tidur (Pexels)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Mendapatkan tidur yang baik dan berkualitas adalah keinginan semua orang. Meski begitu, dalam mewujudkannya kamu memerlukan dorongan seperti asupan yang bernutrisi baik.

Namun, perlu diketahui pula kira-kira asupan apa yang boleh dikonsumsi menjelang tidur dan membuat tidur lebih nyenyak. Tidak bisa sembarangan, sebab beberapa makanan atau minuman justru malah menghilangkan kantuk dan membiarkanmu terjaga.

Melansir laman Healthline, berikut ada beberapa minuman yang bisa menjadi teman pengantar tidur sehingga kamu terlelap dengan nyaman. Kondisi inilah yang mendorong kamu memiliki tubuh yang sehat.

Ada apa saja? Simak penjelasan singkatnya di bawah ini dengan baik dan pahami, ya.

1. Teh chamomile

Teh yang terbuat dari tanaman ini sudah dikonsumsi sejak lama. Ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi gejala pilek, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Chamomile dipercaya dapat mengurangi kecemasan dan insomnia, serta dapat meningkatkan kualitas tidur. Untuk membuat teh chamomile di rumah, tambahkan 4 sendok makan bunga chamomile segar (atau 2 sendok makan bunga chamomile kering) ke dalam 1 cangkir (237 ml) air mendidih. Biarkan bunga terendam selama kurang lebih 5 menit sebelum menggunakan saringan untuk mengalirkan cairan keluar dari bunga.

Aman untuk minum teh kamomil setiap hari, dan mengonsumsi teh kamomil  atau suplemen lain tidak akan menimbulkan efek samping negatif.

2. Susu hangat

Hal ini karena susu mengandung triptofan yang secara alami meningkatkan serotonin, neurotransmitter yang diketahui memicu perasaan bahagia dan gembira. Selain itu, serotonin adalah pendahulu melatonin, hormon  yang mengatur tidur. Sederhananya, triptofan meningkatkan kadar serotonin, yang pada gilirannya meningkatkan kadar melatonin.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT