ADVERTISEMENT

4 Tips Tidur Nyenyak di Malam Hari, Beri Pengaruh Bagus bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 29 Agustus 2023 16:13 WIB

Share
Potret seseorang sedang tidur nyenyak (Foto: Healthline)
Potret seseorang sedang tidur nyenyak (Foto: Healthline)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Memiliki waktu tidur yang baik dan nyenyak adalah hal yang diinginkan oleh banyak orang. Untuk mewujudkannya, kamu perlu mengubah pola hidup sehat agar kualitas tidur terjamin.

Meningkatnya kualitas tidur dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Maka dari itu, tidur nyenyak di malam hari sejatinya sangat dibutuhkan oleh semua orang. Hal ini menandakan sama pentingnya dengan olahraga teratur dan pola makan yang sehat.

Melansir laman Healthline, dijelaskan dalam sebuah penelitian bahwa kurang tidur bisa memiliki dampak negatif langsung pada hormon, kinerja latihan, bahkan fungsi otak. Sebaliknya, jika kamu tidur dengan nyenyak akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Berikut ini ada tips yang bisa dilakukan guna mendapatkan tidur nyenyak di malam hari, seperti dikutip laman Healthline.

1. Kurangi paparan cahaya biru di malam hari

Cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti ponsel pintar dan komputer dalam jumlah besar adalah yang terburuk dalam hal ini. Cahaya biru tersebut dapat menipu tubuh kamu untuk berpikir bahwa ini adalah siang hari.

Adapun beberapa metode yang bisa dilakukan guna mengurangi paparan cahaya biru di malam hari ialah, berhenti menonton TV dan matikan  lampu terang dua jam sebelum tidur hingga mengenakan kacamata yang menghalangi pencahayaan tersebut.

2. Tidak konsumsi kafein di sore hari

Jika dikonsumsi pada sore hari, kafein akan merangsang sistem saraf dan mungkin membuat tubuh kamu tidak bisa bersantai secara alami di malam hari. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kafein hingga 6 jam sebelum tidur secara signifikan menurunkan kualitas tidur.

Kafein bisa tetap tinggi dalam darah  selama 6-8 jam. Jadi jangan minum kopi terlalu banyak setelah jam 3-4 sore, apalagi jika kamu sensitif terhadap kafein atau sulit tidur. Kafein juga bisa memperburuk kualitas tidur secara signifikan jika terus dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT