ADVERTISEMENT

3 Manfaat Cokelat Hitam bagi Kesehatan Tubuh, Bagus untuk Jantung!

Senin, 4 September 2023 20:05 WIB

Share
Manfaat coklat hitam yang baik bagi kesehatan (Ist)
Manfaat coklat hitam yang baik bagi kesehatan (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Salah satu camilan atau makanan lezat yang banyak disukai oleh orang-orang ialah cokelat hitam. Namun, tahukah kamu bahwa cokelat hitam ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan? Temukan jawabannya di bawah ini.

Melansir laman Healthline, dijelaskan bahwa cokelat hitam kaya akan nutrisi yang terkenal memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Bahkan penelitian pun menunjukkan beragam manfaat yang bisa dihasilkan dari cokelat hitam.

Terbuat dari biji pohon kakao, ini adalah salah satu sumber antioksidan terbaik yang bisa kamu temukan. Langsung saja, berikut ada tiga manfaat cokelat hitam bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu ketahui. Seperti dikutip Healthline, berikut penjelasannya.

1. Dapat meningkatkan fungsi otak

Cokelat hitam diketahui dapat meningkatkan fungsi otak. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi coklat tinggi flavanol  dapat meningkatkan aliran darah ke otak pada usia muda.

Hal ini mungkin menjelaskan mengapa makan cokelat setiap hari tampaknya meningkatkan perhatian, pembelajaran verbal, dan memori. Flavonoid kakao juga dapat membantu menjaga fungsi kognitif pada orang dewasa lanjut usia dengan gangguan kognitif ringan dan mengurangi risiko demensia. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian.

Selain itu, kakao mengandung  stimulan seperti kafein dan teobromin, yang mungkin menjadi alasan penting mengapa kakao dapat meningkatkan fungsi otak  jangka pendek.

2. Dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah

Flavanoid dalam cokelat hitam dapat merangsang endotelium, lapisan arteri, untuk memproduksi oksida nitrat (NO). Salah satu fungsi NO adalah mengirimkan sinyal ke arteri untuk rileks, mengurangi resistensi aliran darah, yang pada akhirnya menurunkan tekanan darah.

Banyak penelitian terkontrol menunjukkan bahwa coklat dan coklat hitam dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah, meskipun efeknya umumnya ringan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Mitha Aullia
Editor: Mitha Aullia
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT