ADVERTISEMENT

Debut MINI Countryman Elektrik 2024 Siap Memperluas Lintasan

Sabtu, 2 September 2023 09:47 WIB

Share
Debut MINI Cooper Countryman listrik 2024 (lst)
Debut MINI Cooper Countryman listrik 2024 (lst)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sulit untuk tidak terpesona saat melihat mobil Mini Cooper melintas di jalanan. Dari bentuknya yang mini hingga lampu depannya yang menarik perhatian dan warna-warna cerah, Mini merupakan salah satu mobil yang sangat unik dan lucu. 

Sebelumnya, Mini mengandalkan serangkaian mesin empat silinder induksi paksa untuk menggerakkan model model berbobot 3.000-4.000 pon. Namun pengenalan versi listrik perkotaan yang futuristik dan tampaknya idealis dari Cooper generasi saat ini terbilang gagal total. Dengan jangkauan 110 mil, Mini Cooper SE bisa dibilang terlalu bergantung pada pembeli di kota.  

Namun Mini kali ini terlihat selaras karena rangkaian model Mini listrik baru terlihat menjanjikan. Yang pertama adalah Mini Cooper Electric yang diperbarui, yang akan dirilis pada tahun 2024.

Dibangun di atas platform FAAR BMW Group, Cooper baru dibagi menjadi dua versi, yakni Cooper E dan Cooper SE. Lebih lambat dari Mini Cooper SE saat ini, Cooper E berfokus pada keterjangkauan, dengan baterai 40,7 kWh menghasilkan 184 hp, torsi 214 lb-ft dan jangkauan yang diumumkan adalah 290 mil. Namun, hal ini didasarkan pada siklus pengujian WLTP Eropa yang lebih lunak. 

Seri Mini Cooper SE baru memiliki statistik yang lebih mengesankan. Didukung oleh baterai 54,2 kWh, Cooper SE memiliki tenaga 218 hp, torsi 243 lb-ft dan jangkauan 250 mil. Dan bukan hanya tenaga yang membedakan Mini listrik baru.

Mini memperluas lintasan dan meningkatkan jarak sumbu roda sasis Cooper pada tahun 2024, memberikan koefisien stabilitas yang lebih baik. Selain itu, mobil kecil tersebut mengklaim telah memperkuat braket stabilizer pada porosnya, sehingga membantu mengurangi bobot ekstra baterai saat berkendara. Lebar ban standar juga ditingkatkan menjadi 225mm dengan velg berukuran 18 inci.

Mengadopsi kata sifat yang paling sering dijelaskan oleh jurnalis otomotif, Mini menambahkan mode Go-Kart, yang menyesuaikan fleksibilitas dan stabilitas parameter sasis. Di sisi lain, mode Hijau juga akan tersedia, mengarahkan motor listrik ke jangkauan maksimumnya dengan meminimalkan sensitivitas throttle dan meningkatkan tenaga pengereman regeneratif.

Untuk memperpanjang masa pakai baterai, pengisian ulang Mini Cooper E atau Cooper SE tidak terlalu cepat. Biasanya, pengisian daya AC berada pada 11kW, pengisian DC dipatok pada 75kW pada Cooper E dan 95kW pada Cooper SE. Hal tersebut akan mengisi baterai dari 10% hingga 80% dalam waktu kurang dari 30 menit pada kedua model.

Berdasarkan kapasitas baterai rata-rata, kecepatan pengisian daya dan angka jangkauan ini dapat diterima, terutama untuk pengemudi Mini Cooper pada umumnya. Namun terkadang pemilik Mini Cooper listrik yang ramah lingkungan justru membutuhkan lebih banyak ruang, jangkauan lebih luas, dan lebih banyak tenaga.

Mini Cooper menjawab pertanyaan hipotetis yang sangat spesifik ini dengan meluncurkan Mini Countryman listrik untuk pertama kalinya. Kita telah melihat foto teaser model ini sebelumnya, namun Mini akhirnya membuka tirainya, dan terlihat lebih mirip Countryman klasik dari yang diharapkan.

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Farida Fakhira
Editor: Farida Fakhira
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT