ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Hanya Mengizinkan UMKM Binaan yang Berjualan di CFD

Kamis, 31 Agustus 2023 07:30 WIB

Share
Suasana CFD. dok
Suasana CFD. dok

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono memberikan lampu hijau kepada pedagang untuk bisa berjualan di kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) Sudirman-MH. Thamrin. 

Namun, tak sembarangan pedagang yang berjualan, melainkan hanya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Pemprov DKI yang diizinkan berdagang. 

"Sebenarnya harus bisa kerja sama dengan Satpol PP. Yang ngurusin HBKB siapa? Biro umum? Dishub? ya minta tempat untuk mereka kan bisa juga di HBKB," ujar Heru di Jakarta, yang dikutip Rabu (30/8). 

Ia mengatakan, selama ini banyak PKL yang memanfaatkan ruang sekitar wilayah CFD untuk berjualan tapi tak melanggar aturan. Karena itu, ia meminta agar UMKM binaan juga ikut diberikan lapak.

"Kalau itu di HBKB bisa aja, di sela-sela itu. Mohon maaf masyarakat lain bisa manfaatkan itu, kita binaan resmi kok enggak. Jadi di-list saja, minta sama tramtib (Satpol PP). Saya posisinya mintanya di sini, di sini, di sini," ucapnya.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini juga meminta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota mengaktifkan taman-taman di Jakarta, seperti rumah kaca di Taman Menteng, untuk digunakan sebagai lokasi berjualan bagi UMKM binaan secara bergantian.

"Jadi, pengentasan UMKM dilakukan melalui pembinaan dengan memberikan mereka kesempatan serta tempat untuk mempromosikan dan menjual produk-produk mereka," pungkas Heru.

Diketehui, sejak Februari 2023, Pemprov DKI melarang pedagang berjualan di sepanjang jalur CFD karena sudah dijadikan sepenuhnya zona merah. Namun, ada sejumlah titik yang merupakan zona hijau boleh dijadikan lapak jualan. (Aldi)

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT