ADVERTISEMENT

Tinggalkan Dolar, Tiga Bank Sentral ASEAN Sepakat Bertransaksi Uang Lokal

Sabtu, 26 Agustus 2023 21:51 WIB

Share
Ilustrasi uang rupiah (ist)
Ilustrasi uang rupiah (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Tiga bank sentral negara-negara ASEAN sepakat bekerja sama untuk bertransaksi menggunakan mata uang lokal (local currency transaction/LCT).

Tiga bank sentral yang menandatangani nota kesepahaman itu adalah Bank Indonesia, Bank Negara Malaysia, dan Bank of Thailand, Jumat (26/8/2023).

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, mengatakan kerja sama ini merupakan perluasan dari kerja sama local currency settlement.

"Penggunaan mata uang lokal di sini bukan hanya untuk pembayaran, tetapi juga untuk transaksi yang lebih luas," ujarnya.

Sebelumnya, penggunaan mata uang lokal dalam bertransaksi bilateral sudah diimplementasikan sejak tahun 2018. Kini hal itu dilakukan pada transaksi lintas batas selain perdagangan dan investasi.

Menurut Perry, kerja sama LCT mempermudah transaksi lintas negara karena langsung menggunakan mata uang lokal. "Tidak harus dikonversi sebelumnya dari mata uang negara lain, sehingga transaksi menjadi lebih cepat, mudah dan efisien," katanya. 

Perry menambahkan keketuaan Indonesia menjadi momentum untuk mendorong integrasi keuangan di kawasan ASEAN. "Diharapkan negara-negara ASEAN lainnya dapat bergabung dalam kerja sama LCT maupun konektivitas sistem pembayaran," ujarnya. 

Kerja sama LCT ini menjadi tonggak utama untuk memperkuat transaksi keuangan lintas negara Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Ketiga bank sentral meyakini hal itu akan berkontribusi positif terhadap stabilitas dan pendalaman pasar keuangan negara-negara tersebut.(tri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT