ADVERTISEMENT

Sekjen DPR Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kualitas SDM Guna Dukung Parlemen Modern

Sabtu, 26 Agustus 2023 13:16 WIB

Share
Sekjen DPR RI Indra Iskandar. (ist)
Sekjen DPR RI Indra Iskandar. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI Indra Iskandar menilai perjalanan demokrasi Indonesia makin hari makin terasa semakin kuat dan matang berkat peran banyak lembaga negara, salah satunya adalah DPR. 

Menurutnya, DPR telah melakukan check and balance terhadap kebijakan-kebijakan eksekutif untuk memastikan semua hal yang dilakukan oleh eksekutif itu benar-benar bermanfaat pada masyarakat pada rakyat. Sehingga pada akhirnya menjadikan Indonesia ke depan semakin sejahtera, adil, dan makmur.

"Dalam perspektif administrasi pemerintahan, tentu kita tau DPR memiliki tiga fungsi, (yaitu) pengawasan, anggaran, dan legislasi. Dalam perjalanan tiga tahun lebih pandemi Covid-19, DPR ini harus diakui produktivitasnya sangat luar biasa. Walaupun memang by nature di semua parlemen di dunia itu tidak terlepas dari yang disebut kritik, tekanan-tekanan publik. Karena publik punya harapan yang tinggi tentang parlemennya," katanya saat diskusi Dialektika Demokrasi dengan tema ’DPR Mengawal Demokrasi Menuju Indonesia Maju’ di Gedung Nusantara III, DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Untuk mendukung kinerja DPR ini, Indra menyampaikan Setjen DPR terus menguatkan SDM. Sehingga, tata kelola birokrasinya semakin jaya, berdaya guna, dan makin lincah agar tantangan mengenai parlemen modern ini dapat terjawab.

“Sudah saya sampaikan bahwa di DPR ini kan ada front stage dan back stage. Kami, Sekretariat Jenderal, berada di back stage, di dapur. Dan DPR berada di depan, dan tentu dalam mendukung parlemen modern ini, kami terus menguatkan SDM dengan juga birokrasi yang semakin jaya, semakin berdaya guna, makin lincah agar tantangan mengenai parlemen modern ini dapat terjawab dan itu kami sudah buat juga route map untuk dukungan parlemen modern,” paparnya.

Meski demikian, Indra juga mengungkapkan masih banyak yang perlu ditingkatkan untuk mendukung kinerja DPR agar lebih maksimal. Satu di antaranya adalah berkaitan dengan SDM. 

“Saya kira masih banyak yang harus ditingkatkan gitu ya. SDM ini (menjadi) hulu dari transformasi organisasi (yang) harus ditingkatkan karena tantangannya ke depan semakin kompleks. Semakin banyak tafsir tentang demokrasi ke depan (yang) semakin luas, dan tentu itu juga harus menjadi bagian yang dihayati oleh semua sumber daya manusia yang menjadi pendukung Sekretariat Jenderal,” tutupnya. (rizal)
 

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT