KTM 390 Duke (lst)

Motor

Perilisan KTM 390 Duke dengan Perubahan Tenaga Mesin 1 Silinder 389cc

Kamis 24 Agu 2023, 05:41 WIB

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - KTM telah memperkenalkan lini Duke barunya, dimana 390 Duke memiliki perubahan terbesar. Kini seri kendaraan tersebut ditenagai tersebut ditenagai oleh mesin satu silinder 398cc baru, sedangkan model yang lebih kecil mendapatkan gaya, suku cadang sepeda, dan elektronik yang juga serba baru.

Mesin New 390 Duke kini ditingkatkan kapasitasnya menjadi 398cc dan menghasilkan tenaga 44,8 hp dan torsi 39 Nm, meningkat 1,3 hp dan 2 Nm. Parameter bore dan stroke masing-masing untuk Triumph Speed 400 adalah 89 mm dan 64 mm.

Selain itu, kemungkinan besar mesinnya akan sangat berbeda, terlihat dari penutup mesin dan rantai di sebelah kiri sedangkan Triumph di sebelah kanan.
Mesin LC4C baru ditempatkan dalam rangka teralis baja yang semuanya baru.

Alih-alih subframe teralis baja seperti pada 390 Duke saat ini, unit 2024 baru menggunakan subframe aluminium cor, mirip dengan 790/890 Duke dan 1290 Superduke R.

Perubahan besar lainnya juga dilakukan pada sasis yang dilengkapi dengan lengan alumunium melengkung, serta dilengkapi dengan peredam kejut tunggal yang dipasang di atas. Hal ini dilakukan untuk memberikan lebih banyak ruang untuk airbox yang lebih besar serta catalytic converter.

Mesin pada Dukes yang lebih kecil juga telah diperbarui untuk mematuhi peraturan emisi terbaru, dan juga ada sedikit peningkatan pada tenaga puncak.

Mesin Duke 250 menghasilkan tenaga 31,2 hp dan 25 Nm, meningkat 1,2 hp dan 1 Nm dibandingkan mesin Duke 1/4 liter yang akan datang. Duke 125 yang mungil kini menghasilkan tenaga 15hp dan 11Nm, meningkat 0,5hp, meski torsinya turun 0,5Nm.

Model internasional ini hadir dengan menggunakan suspensi WP, dengan garpu yang dapat mengatur kompresi dan pemulihan, serta peredam kejut kompensasi tunggal baru untuk pemulihan dan preload. Namun, masih harus dilihat apakah penyesuaian ini dapat dilakukan dengan mengikuti model India.

Bahkan velg pada model baru ini lebih ringan dan diambil dari seri baru KTM RC. Dan seperti pada seri RC baru, rem cakram dipasang langsung di roda dan digeser ke kanan.

KTM sangat memperhatikan penghematan bobot Duke baru dan pijakan kaki terbuat dari aluminium palsu. Rilisnya hanya menyebutkan bobot (tanpa bahan bakar) untuk semua model. Duke 250 dan 390 memiliki berat yang sama yaitu 165kg, sedangkan Duke 125 yang lebih kecil memiliki berat 154kg.

Sementara model sepeda motor internasional menggunakan ban Michelin, model India kemungkinan akan menggunakan karet MRF/Apollo yang bersumber secara lokal (seperti Triumph Speed ​​​​400 baru) untuk menekan biaya.

390 Duke memiliki panel instrumen warna TFT 5 inci yang baru. Ia memiliki tiga mode berkendara seperti Hujan, Jalanan, dan Lintasan, serta masing-masing semakin meningkatkan penyaluran tenaga.

Salah satu trik paling keren dari paket 390 Duke baru adalah Launch Control, yang hanya dapat diakses dalam mode Track. Ini meningkatkan putaran hingga 7.000rpm dan memungkinkan untuk memutar motor secepat mungkin. Kami berharap 390 Duke menjadi sepeda paling terjangkau yang dilengkapi dengan fitur ini setelah harganya diumumkan.

Sementara Duke 125 internasional memiliki panel LCD, sepeda motor untuk India mungkin hadir dengan panel LCD 5 inci yang mirip dengan Duke 250 generasi baru.

Ketiga model ini mendapat manfaat dari konektivitas Bluetooth, sehingga pengemudi dapat mengambil kendali, pemutaran musik, akses navigasi belokan demi belokan, dan terima panggilan melalui aplikasi KTM.

Untuk menjelaskan semua fitur baru tersebut dan sakelar lampu hazard, KTM telah membekali semua sepeda motor barunya ini dengan kontrol baru, yakni dengan kontrol yang sama di blok kontrol kiri. 

Tags:
KTMKTM 390 DukeOTOMOTIF

Farida Fakhira

Reporter

Farida Fakhira

Editor