ADVERTISEMENT

231 Bacaleg di Tangerang Gagal Jadi Kontestan Pemilu 2024, Ini Kata KPU

Minggu, 20 Agustus 2023 11:42 WIB

Share
Ilustrasi Pemilu 2024. (Ist.)
Ilustrasi Pemilu 2024. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TANGERANG, POSKOTA.CO.ID –  Sebanyak 92 bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) Kota Tangerang Selatan dinyatakan gugur menjadi kontestan Pemilu 2024 mendatang. 

Kepala Divisi Teknis KPU Kota Tangerang Selatan, Ajad Sudrajat mengatakan, 92 bacaleg yang gugur tersebut tidak memenuhi syarat (TMS) dalam penetapan DCS. Alhasil, dari jumlah 794 hanya 702 yang memenuhi syarat dan masuk daftar caleg sementara (DCS).
 
"Yang TMS, sebarannya banyak yah. Jadi bacaleg yang tidak memperbaiki dokumen, menyebabkan menjadi TMS. TMS laki-laki dan perempuan ada," katanya, Minggu (20/8).
 
Nantinya, lanjut Ajat, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengemukakan pendapat tentang bacaleg yang masih dalam DCS. Dimana, masyarakat bisa memberikan tanggapan selama 10 hari ke depan hingga 28 Agustus mendatang.
 
Ditempat lain, KPU Kota Tangerang menetapkan 677 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang masuk dalam daftar calon sementara (DCS). Pasalnya, 86 bacaleg yang diajukan oleh 18 partai politik (parpol) dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat (TMS).
Koordinator Divisi Teknis KPU Kota Tangerang, Rustana Hasan mengatakan, dari 763 bacaleg, hanya 677 yang ditetapkan masuk DCS. Otomatis, 85 orang dinyatakan gugur dan satu lainnya mengundurkan diri.
 
Sementara itu, sebanyak 54 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) Kabupaten Tangerang dinyatakan gugur karena tidak memenuhi syarat (TMS). 
 
Alhasil, dari 915 bacaleg yang diajukan 18 partai politik (parpol), sebanyak 861 orang masuk dalam daftar caleg sementara (DCS).
 
"Hasil akhir masih ada 54 bacaleg yang memang tidak memenuhi syarat. Dan itu sudah dilakukan konfirmasi dan koordinasi dengan parpol," kata Muhammad Umar, Ketua KPU Kabupaten Tangerang.(Veronica Prasetio)

ADVERTISEMENT

Reporter: Veronica Prasetio
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT