ADVERTISEMENT

KKP Tingkatkan Peran Generasi Muda dalam Mitigasi Bencana

Sabtu, 29 Juli 2023 16:30 WIB

Share
KKP mitigasi bencana alam bagi generasi muda. (ist)
KKP mitigasi bencana alam bagi generasi muda. (ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM KP) mengoptimalkan peran Pangandaran Integrated Aquarium Marine and Research Institute (PIAMARI) untuk meningkatkan literasi pentingnya mitigasi bencana alam bagi generasi muda. 

Pelatihan mitigasi bencana dilaksanakan KKP bertepatan dengan peringatan 17 tahun tsunami menghantam pesisir Pangandaran.

"Keberadaan PIAMARI yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, memiliki urgensi sebagai pusat pengembangan SDM. Selain itu nilai strategis dan fungsi PIAMARI adalah mengenali karakteristik pesisir Selatan Jawa, Sumatra dan Samudera Hindia," ujar Kepala Badan, I Nyoman Radiarta  dalam keterangannya, Sabtu (29/7/2023).

Pelatihan mitigasi bencana yang digelar oleh Pusat Riset Kelautan, yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDM KP tersebut berlangsung di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Kab. Pangandaran, Jawa Barat beberapa waktu lalu. 

Kegiatan pelatihan diikuti perwakilan SMA N 1 Pangandaran; SMK N 1 Pangandaran; SMA Muhammadiyah Pangandaran; Poltek KP Pangandaran; SMA N 1 Parigi; SMK Farmasi Pangandaran; SMK N 2 Pangandaran; MAN 1 Pangandaran; SMKN 2 Cilacap dan SMK Putra Pangandaran.

Melalui kegiatan edukasi dan pelatihan mitigasi bencana tsunami ini, diharapkan dapat memberikan edukasi dan pemahaman terkait bencana tsunami serta pemicunya, upaya strategi mitigasi bencana tsunami, pengenalan jalur evakuasi dan lokasi-lokasi evakuasi tsunami di Pangandaran, serta simulasi kesiapsiagaan saat bencana tsunami.

"Karena dampak yang terjadi akibat bencana alam bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dalam penyelesaiannya, namun juga menuntut keterlibatan para ahli dari berbagai bidang untuk melakukan kajian sesuai dengan kapakarannya masing-masing, serta peran aktif masyarakat. Kerja sama lintas disiplin ilmu untuk mengkaji bencana alam dan dampaknya ini sangat diperlukan demi sebuah solusi yang terbaik dan komprehensif," pungkas Nyoman.

Pangandaran, selain memiliki potensi kebencanaan, juga merupakan salah satu tempat obyek wisata unggulan di Provinsi Jawa Barat. Kawasan ini memiliki daya tarik wisata meliputi keindahan pantai, serta taman laut yang memungkinkan pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Untuk itu, manajemen bahaya dibutuhkan pada semua kawasan wisata termasuk kawasan wisata Pangandaran, untuk memastikan keselamatan dan keamanan pengunjung agar keberlanjutan wisata pada kawasan tersebut dapat terlaksana.

"Dari kejadian ini maka perlu adanya edukasikan kepada generasi muda dalam hal ini para siswa siswi tentang pentingnya mitigasi bencana pesisir," ujar Ketua Pokja PT Pusriskel, Triyono mewakili Kepala Pusat Riset Kelautan.  

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Rizal Siregar
Editor: Fernando Toga
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT