ADVERTISEMENT

Guru Besar FTUI Kaji Kompleksitas Produk Manufaktur Menuju Human Less Process

Jumat, 28 Juli 2023 10:40 WIB

Share
Pengukuhan Guru Besar Universitas Indonesia oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro. (Ist)
Pengukuhan Guru Besar Universitas Indonesia oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

DEPOK, POSKOTA.CO.ID – Prof. Dr. Ir. Hendri Dwi Saptioratri Budiono menyebutkan , bahwa industri manufaktur merupakan sektor industri yang memberikan kontribusi terbesar bagi perekonomian Indonesia. 

Karenanya, sektor industri manufaktur diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk mencapai target pertumbuhan rata-rata 6% per tahun dalam lima tahun ke depan.

Peran industri manufaktur dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS)  masih terbesar pada 2022, dengan porsinya mencapai 18,34% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Demikian disampaikan Prof . Hendri dalam pidatonya berjudul “Kompleksitas Produk Manufaktur Upaya Menuju Human-Less Process”, saat dikukuhkan sebagai Guru besar bidang Ilmu Kompleksitas Produk Manufaktur FTUI di Makara Art Center UI Kampus Depok, pada Rabu (26/7/2023).

 

Dikatakannya, Industri manufaktur tidak lepas dari ketidakpastian pasar, tren inovasi teknologi, kondisi lingkungan yang dinamis, globalisasi pasar, persaingan, dan perubahan kebutuhan pelanggan. 

“Seiring perkembangan industri, tantangan di lingkungan manufaktur juga meningkat, salah satunya adalah kompleksitas produk manufaktur. Manajemen kompleksitas produk manufaktur merupakan isu strategis yang perlu ditangani perusahaan. Pengembangan kompleksitas adalah jalan industri manufaktur menuju konsep human-less process,”ujarnya.

Human-less process dimaksudkan agar proses manufaktur melibatkan lebih sedikit manusia, terutama dalam penentuan biaya produk di tahap awal desain. Konsep ini dijembatani dengan adanya analisis indeks kompleksitas dari berbagai desain produk manufaktur. 

Secara konvensional, estimasi biaya dilakukan dengan melihat volume, berat, dan material dari suatu desain. Dengan perkembangan ilmu manufaktur, diketahui ada banyak aspek lain yang terkait dalam biaya produksi suatu produk.

 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT