ADVERTISEMENT

Dinas LH Gelar Festival Birukan Langit Jakarta, Tingkatkat Kesadaran Publik Soal Pencemaran Udara

Senin, 17 Juli 2023 18:04 WIB

Share
: Dinas LH ajak masyarakat pulihkan udara jakarta
: Dinas LH ajak masyarakat pulihkan udara jakarta

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi DKI Jakarta menggelar Mini Festival Birukan Lagi Langit Jakarta di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Bundaran HI, pada Minggu, 16 Juli 2023 kemarin.

Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesadaran publik mengenai isu pencemaran udara di Jakarta. Adapun festival ini Dinas LG mengusung tema "Bersinergi Kita Birukan Langit Jakarta".

Festival ini menjadi sarana edukasi publik untuk mengenal lebih dalam kondisi udara Jakarta dengan adanya open house dan penjelasan fitur-fitur di Stasiun Pemantauan Kualitas Udara (SPKU) reference grade DKI 1 Bundaran HI serta pameran Organisasi Masyarakat Sipil yang fokus soal isu udara.

Selain itu, terdapat konsultasi penyakit-penyakit yang diakibatkan pencemaran udara dan pemeriksaan kesehatan gratis dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menyampaikan bahwa saat ini strategi pengendalian pencemaran udara (SPPU) merupakan prioritas Pemprov DKI yang harus dituntaskan bersama.

"Saat ini target Pemprov DKI adalah melakukan harmonisasi rencana aksi antar Dinas dan memastikan parameter kinerja untuk pengawasan dan evaluasi ditetapkan, sebelum SPPU menjadi sebuah Keputusan Gubernur yang akan mengikat penilaian kinerja Dinas terkait," ujar Asep dalam siaran persnya, Senin (17/7/2023).

Diharapkan Asep, SPPU dapat menjadi basis bagi kegiatan perencanaan dan alokasi anggaran dalam memprioritaskan kebijakan yang lebih efektif ke depan.

Oleh karena komitmen investasi yang dilakukan sampai 2030 juga tidak sedikit. Pemprov DKI Jakarta juga telah mengambil tindakan melalui kebijakan-kebijakan guna memulihkan kualitas udara. 

"Jakarta telah mengambil inisiatif untuk mendorong percepatan perbaikan kualitas udara Jabodetabek melalui strategi pengendalian, uji emisi kendaraan bermotor, pengelolaan dan pertukaran data terpadu, serta inventarisasi emisi," kata Asep.

Terakhir, Asep meminta semua pihak untuk bersinergi lebih maksimal lagi dalam memulihkan kualitas udara di Jakarta. 

Halaman

ADVERTISEMENT

Reporter: Aldi Rinaldi
Editor: Tri Haryanti
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT