ADVERTISEMENT

Tembakau Mainkan Peran Penting dalam Industri Nasional

Kamis, 1 Juni 2023 09:10 WIB

Share
Para pekerja disektor industri hasil tembakau. (Ist)
Para pekerja disektor industri hasil tembakau. (Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

KARAWANG, POSKOTA.CO.ID - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) secara konsisten memberikan perhatian khusus kepada petani tembakau, serta pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia yang menjadi bagian penting dalam ekosistem usahanya. 

Upaya ini pun dibuktikan melalui program-program yang telah dilakukan Sampoerna guna menciptakan nilai jangka panjang dan membangun masa depan yang berkelanjutan di tanah air.

Presiden Direktur Sampoerna, Vassilis Gkatzelis mengatakan, tembakau memainkan peran penting dalam industri hasil tembakau nasional. Oleh karena itu, Sampoerna menjalankan program kemitraan dengan petani tembakau bertajuk “Sistem Produksi Terpadu” di Indonesia. 

Program kemitraan yang dilakukan melalui perusahaan pemasok tembakau ini bertujuan meningkatkan kualitas dan produktivitas tembakau melalui program pendampingan teknis, sekaligus memberikan jaminan pembelian yang berperan bagi kesejahteraan petani.

 

"Sampoerna selalu mencari solusi penciptaan nilai yang bermanfaat bagi mitra kami. Kami bermitra dengan lebih dari 22.000 petani tembakau di Indonesia," kata Vassilis dalam paparannya bersama media, Jumat (26/5/2023) lalu.

Melalui program kemitraan ini, para petani diperkenalkan dengan Praktik Pertanian yang baik (Good Agricultural Practices/GAP). Para petani tembakau menerima pendampingan, mulai dari pembibitan, penanaman, panen, hingga proses pasca-panen guna menjaga kualitas tembakau yang dihasilkan dan pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani serta lingkungan sekitarnya.

"Jadi, ini adalah kerangka kerja yang mengatur standar kualitas, dan kami bekerja sama dengan petani untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi mereka, serta peduli terhadap keselamatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan," tegasnya.

 

Di samping kemitraan tersebut, dia menekankan, Sampoerna berkomitmen pada pemanfaatan tembakau lokal dan cengkeh lokal. Menurut dia, Indonesia adalah salah satu produsen tembakau dan cengkih terbesar di dunia.

Halaman

ADVERTISEMENT

Editor: Deny Zainuddin
Contributor: Aep
Sumber: -

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT