Miris, Pegawai Honorer Puskesmas Kota Serang Digaji Rp 250 Ribu per Bulan

Rabu, 31 Mei 2023 14:22 WIB

Share
Foto: Sekda Kota Serang, Nanang Saefudin menanggapi pegawai honorer Puskesmas Kota Serang hanya dibayar Rp 250 ribu per bulan. (Poskota/Bilal Hardiansyah)
Foto: Sekda Kota Serang, Nanang Saefudin menanggapi pegawai honorer Puskesmas Kota Serang hanya dibayar Rp 250 ribu per bulan. (Poskota/Bilal Hardiansyah)

SERANG, POSKOTA.CO.ID – Pegawai Honorer tenaga Kesehatan (nakes) Puskesmas  Kota Serang, Banten, mendapatkan penghasilan gajinya setiap bulannya hanya Rp 250 ribu per bulan. 

Salah satu honorer Puskesmas di Kota Serang yang enggan disebutkan namanya mengaku dalam setiap bulan hanya menerima gaji Rp250 ribu. Angka tersebut dinilai masih jauh menutupi untuk kebutuhan hidup. 

Menurutnya, gaji yang diterimanya mengalami kenaikan. Sebab pada awalnya hanya digaji Rp125 ribu dalam sebulan. Namun sayangnya, tenaga honorer tersebut enggan menjelaskan secara rinci terkait teknis penggajian dan masa kerjanya.

“Iya (gaji Rp250 ribu per bulan). Awalnya Rp125 ribu, sekarang Rp250 ribu (sebulan),” katanya dengan singkat, Rabu (31/5/2023).

Sementara itu, Sekda Kota Serang, Nanang Saefudin menyatakan tidak mengetahui detail terkait penggajian yang berada disetiap naungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam masalah gaji Rp250 per bulan, seharusnya kepala OPD dapat melaporkan kepada dirinya dan akan dinaikan sesuai dengan kemampuan anggaran Pemkot Serang.

“Kita nanti akan inventarisir, tidak mungkin Sekda tahu secara detail, yang tahu persis OPD. Harusnya kepala OPD lapor ke saya, anggarkan, naikan yang wajar dan layak,” ungkapnya.

Ia menuturkan, gaji Rp250 ribu per bulan tidak manusiawi. Untuk itu, pihaknya akan memanggil Kadinkes yang memiliki kewenangan dalam kepegawaian Puskesmas. “Rp200 ribu (Rp250 ribu-red) ya karena anggaran sudah berjalan, saya akan panggil pak Kadinkes, ya tidak manusiawi lah dalam satu bulan Rp200 ribu (Rp250 ribu-red),” tuturnya.

Terlebih, Pemkot Serang masih membutuhkan tenaga honorer dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat. Mengingat masih banyak kekurangan pegawai.

“Kalau tidak ada tenaga honorer kerepotan. Diharapkan dilakukan pengangkatan secara bertahap dan ada sisi penambahan, itu sangat wajar manusiawi. Namun demikian kita terus menghitung kos anggaran yang kita miliki karena anggaran menjadi beban Pemkot Serang,” paparnya. (Bilal)
 

Editor: Novriadji Wibowo
Contributor: Bilal Hardiansyah
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar