ADVERTISEMENT

Kabupaten Badung Jadi Kabupaten Lengkap Pertama Pemetaan Tanah di Indonesia

Jumat, 26 Mei 2023 09:49 WIB

Share
Foto: Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto resmikan Badung, Bali sebagai Kabupaten Lengkap pertama di Indonesia (Ist.)
Foto: Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto resmikan Badung, Bali sebagai Kabupaten Lengkap pertama di Indonesia (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

BALI, POSKOTA.CO.ID – Jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bali menjadi pioneer dalam mencapai predikat Kota dan Kabupaten Lengkap pertama di Indonesia.

Setelah Kota Denpasar ditetapkan sebagai Kota Lengkap pertama di Indonesia oleh Menteri Agraria, Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto di Bali, Kamis (26/1/2023) lalu.  Kini giliran Kabupaten Badung, Provinsi Bali juga ditetapkan sebagai Kabupaten Lengkap pertama di Indonesia.

Kedua daerah di Pulau Dewata yang menjadi binaan Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bali tersebut merupakan pioneer dalam mencapai predikat Kota dan Kabupaten Lengkap pertama di Indonesia.

Pencanangan dan lauching Badung sebagai Kabaputen Lengkap dilakukan langsung oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto di Bali, Kamis (25/5/2023). Hadi Tjahjanto menjelaskan, Kabupaten lengkap artinya pemetaan tanah di Kabupaten Badung yang sudah terdaftar secara keseluruhan di Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Kriteria Kabupaten lengkap adalah seluruh wilayah, mulai dari desanya, kecamatan sampai kabupatennya sudah terpetakan dan terdata, baik secara tekstual maupun yuridis,” terang mantan Panglima TNI ini.

Ia menjelaskan, secara tekstual ialah secara spasial peta tidak ada overlap dari bidang satu ke bidang lainnya (semuanya rata) di peta. Sedangkan secara yuridis adalah bidang tanah ada di dalam buku tanah maupun di surat ukurnya secara akurat sudah tersistem BPN secara digitalisasi,sehinga para mafia tanah tidak bisa lagi merampas atau menyerobot tanah di Kabupaten Lengkap.

Sementara Kepala Kanwil BPN Bali Andry Novijandri menjelaskan, Badung adalah Kabupaten lengkap Pertama di Indonesia, setelah Denpasar menjadi Kota Lengkap pertama di Indonesia.”Alhamdulilah Kota Denpasar dan Kabupaten Badung menjadi dua daerah di Bali yang pertama menjadi Kota dan Kabupaten Lengkap di Indonesia,” terang Andry.

Andry menegaskan, Kabupaten lainnya di Bali juga akan segera menyusul menjadi Kabupaten Lengkap di Bali.”Kabupaten lain akan segera menyusul menjadi Kabupaten Lengkap,” cetusnya.

Ia menerangkan, keuntungan dari satu daerah menjadi Kota atau Kabupaten Lengkap adalah, memberikan kemudahan dan kepastian untuk investasi dan keamanan, karena mafia tanah tidak akan bisa lagi bermain di daerah sudah menjadi Kota atau Kabupaten Lengkap.

“Keuntungannya dengan menjadi Kota/Kabupaten lengkap dan BMN (Barang Milik Negara), BMD (Barang Milik Daerah), Tanah Adat, Batas Hutan, serta Batas Wilayah Sungai sudah jelas letak dan batas, maka kemudahan dan kepastian untuk investasi dan keamanan,sehingga tidak ada lagi mafia tanah,” terang Andry.

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT