ADVERTISEMENT

Gelar Sinema Keliling di Surabaya, Sandiaga Uno: Ekosistem Perfilman Harus Terus Dikembangkan

Jumat, 26 Mei 2023 22:33 WIB

Share
Sinema Keliling berkolaborasi dengan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.(Ist)
Sinema Keliling berkolaborasi dengan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.(Ist)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID – Program Sinema Keliling yang diusung Festival Film Bulanan merupakan agenda rutin setiap bulan sebagai wadah bagi para sineas lokal unjuk karya dan meningkatkan ekosistem perfilman di daerah.

Setelah sebelumnya sukses digelar di Kota Bandung dan Yogyakarta, kali ini Sinema Keliling berkolaborasi dengan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Acara ini diselenggarakan selama tiga hari berturut-turut pada tanggal 12 hingga 14 Mei 2023 bertempat di Gor Hasta Brata Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Tantra Sakre selaku Ketua Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya sekaligus Ketua Panitia pelaksana Sinema Keliling di Surabaya mengatakan kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk mengumpulkan talenta-talenta di sektor kreatif.

“Kami sangat bangga bisa berkolaborasi dengan teman-teman dari Kemenparekraf, sebuah program yang luar biasa mengumpulkan talenta sineas muda di daerah untuk bisa memamerkan karya mereka, kami ingin ini menjadi sebuah wadah untuk mengumpulkan talenta muda di sektor kreatif yang ada di Surabaya dan sekitarnya,” ujarnya saat diwawancarai Festival Film Bulanan (14/5). 

Mengusung tema #AyoNontonFilm, Festival Film Bulanan ingin mengajak masyarakat untuk terus mendukung film pendek tanah air.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dalam keterangannya di Jakarta mengatakan, untuk mengembangkan ekosistem perfilman diperlukan kerja sama dan dukungan dari berbagai sektor. 

“Ini bukan hanya tugas sineas, komunitas film ataupun pemerintah. Tapi juga tugas kita bersama sebagai masyarakat. Dengan menonton film karya anak bangsa, kita ikut andil dalam mengembangkan ekosistem perfilman Indonesia,” ujar Sandiaga Uno.

Acara dibuka oleh Mohammad Amin selaku Direktur Musik, Film dan Animasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Vera Damayanti sebagai perwakilan Founder Festival Film Bulanan, dan Untung Lasiyono selaku Wakil Rektor IV Unversitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Kemudian dilanjutkan dengan ‘Dialog Senja’ yang turut dihadiri Wiwiek Widayati selaku Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, serta Ika Ismurdyahwati selaku Dosen Senior Program Studi Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Dimoderatori oleh Hafshoh Mubarak, Ketua Surabaya Creative Network, forum diskusi ini mengangkat tema “Peran Film Pendek Dalam Dunia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif"

Tercatat total pengunjung Sinema Keliling di Surabaya mencapai lebih dari 600 partisipan yang terdiri dari mahasiswa, komunitas film, hingga masyarakat umum. 

Halaman

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT