Pertemuan Prabowo - Gibran jadi Taktik PDIP Luluhkan Gerindra, Pengamat: Posisi Jokowi Sulit Bergerak

Minggu, 21 Mei 2023 15:00 WIB

Share
Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming. (Ist)
Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming. (Ist)

JAKARTA, POSKOTA.CO.ID - Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menilai kondisi Presiden Jokowi sulit bergerak hingga memaksa anaknya Gibran Rakabuming mengambil langkah politis salah satunya bertemu dengan ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

"konstelasi politik hari ini begitu dinamis karena masing-masing parpol fokus membentuk koalisi. Posisi Jokowi pada saat ini sulit bergerak hingga memaksa Gibran mengambil langkah. Ibaratnya posisi Jokowi sedang terkunci, maka peran ini yang mungkin diambilalih oleh Gibran," ucap Herry dalam keterangannya, Minggu, (21/5/2023).

Menurut Herry, langkah yang dilakukan oleh Gibran bisa dimaknakan sebagai langkah PDIP untuk meluluhkan hati Prabowo agar bersedia menjadi Cawapres dari Ganjar Pranowo. Herry merasa bisa saja Gibran diberikan peran mendekati Prabowo oleh PDIP.

"Bisa juga dimaknai sebagai salah satu taktik agar Prabowo bersedia menjadi cawapres Ganjar karena korelasinya mana mungkin Gibran kader PDIP mendukung Prabowo. Ada kemungkinan Gibran diberi tugas untuk melakukan hal ini," tambah Herry. 

 

Sebelumnya, pada Jumat (19/5/2023) malam, Prabowo melakukan pertemuan dengan Gibran selama sekitar 1 jam secara tertutup, kemudian bertemu terbuka dengan 15 kelompok perwakilan sukarelawan dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang mendukung maju capres pada tahun 2024.

Pertemuan singkat itu berbuntut pemanggilan oleh Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan. Gibran pun diminta datang ke Jakarta untuk menghadap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada hari Senin (22/5/2023) pukul 10.00 WIB.

"Saya tidak pernah menghindar lo, ya. Saya di sana cuma anak kecil, kader baru. Ditegur, ya, monggo," tutur Gibran di Solo, Sabtu (20/5/2023).

Gibran mengaku siap jika diberikan sanksi oleh partai akibat pertemuan tersebut. Meski demikian, dia memastikan pertemuan tersebut dilakukan dengan kapasitasnya sebagai Wali Kota Surakarta dan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. (Wanto)

 

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar