ADVERTISEMENT

Pj Gubernur Sulbar dan Gorontalo Dilantik Mendagri, Tito: Rajin Blusukan

Jumat, 12 Mei 2023 19:09 WIB

Share
Foto: Mendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur Sulawesi Barat dan Gorontalo. (Ist.)
Foto: Mendagri Tito Karnavian melantik Pj Gubernur Sulawesi Barat dan Gorontalo. (Ist.)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

JAKARTA,POSKOTA.CO.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jendral Polisi Purn. Muhammad Tito Karnavian melantik dua Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Zudan Arif Fakrulloh dan Pj Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya.  Jumat (12/5/2023).

Pelantikan dua Pj Gubernur tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 39/P Tahun 2023 tentang Perpanjangan Masa Jabatan, Pemberhentian, dan Pengangkatan Penjabat Gubernur. Prosesi pelantikan itu dilaksanakan di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (12/5/2023).

Zudan merupakan pejabat tinggi madya yang menjabat sebagai Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Sedangkan Ismail merupakan Staf Ahli Bidang Sosial, Politik, dan Kebijakan Publik Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker).

Dalam sambutannya, Mendagri mengatasi para Pj. yang ditugaskan dalam menjalankan roda pemerintahan daerah dapat dievaluasi per 3 bulan sekali. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016.

"(Keputusan penunjukan Pj.) itu berlaku (maksimal) 1 tahun. Setelah 1 tahun dapat diperpanjang 1 tahun lagi atau diganti dengan orang yang berbeda,” ujar Mendagri. 

Mendagri mengungkapkan, hasil dari evaluasi Pj. tersebut kemudian dibawa ke Sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Presiden. Sidang tersebut turut diikuti oleh Wakil Presiden, sejumlah menteri, hingga kepala lembaga. Dari rapat tersebut kemudian diputuskan nama Pj. yang bakal bertugas memimpin daerah provinsi.

Mendagri melanjutkan, pergantian Pj. Gubernur Sulawesi Barat dan Gorontalo merupakan upaya penyegaran dalam menjalankan pemerintahan daerah. Diketahui, sebelumnya Pj. Gubernur Sulawesi Barat dijabat oleh Akmal Malik, dan Pj. Gubernur Gorontalo dijabat oleh Hamka Hendra Noer.

“Saya kira pengalaman 1 tahun Pak Akmal Malik dan Pak Hamka, syukur kepada Allah SWT telah mendapatkan kesempatan menjadi penjabat gubernur dan saya yakin untuk Pak Hamka juga menjadi kebanggaan tersendiri karena pulang kampung,” bebernya.

Mendagri juga meminta penjabat (Pj.) kepala daerah sering-sering  turun ke bawah atau sering melakukan blusukan agar bisa memahami setiap  permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. (johara)
 

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT